PT. KAI Daop 3 Cirebon Intensifkan Pemeriksaan Jalur, Siapkan Keamanan Perjalanan Kereta Api

PT. KAI Daop 3 Cirebon Intensifkan Pemeriksaan Jalur, Siapkan Keamanan Perjalanan Kereta Api

Terkini | cirebon.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 10:00
share

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id -Meningkatkan keselamatan dan keberlanjutan transportasi kereta api, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon memperkuat upaya untuk mengurangi potensi bahaya yang dapat mengganggu perjalanan kereta. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan lintas secara langsung, dipimpin oleh jajaran Manajemen setiap minggunya.

Manajemen Daop 3 Cirebon melaksanakan pemeriksaan lintas dengan berjalan kaki dari Stasiun Tanjung menuju Stasiun Brebes. Pemeriksaan ini menjadi salah satu langkah penting KAI dalam mempersiapkan keamanan perjalanan, terutama dalam menghadapi musim hujan.

 

"Musim kemarau tahun ini sangat ekstrem dengan cuaca yang lebih panas. Setelahnya, kita akan menghadapi musim hujan dengan peningkatan debit air yang perlu diwaspadai. Perubahan kondisi tanah dari kering menjadi lumpur harus diantisipasi," ujar Rokhmad, Senin (21/10/2024). 

Dalam pemeriksaan ini, jajaran Manajemen KAI Daop 3 Cirebon mengecek kondisi prasarana jalur kereta, termasuk keandalan rel, persinyalan, daerah rawan banjir, serta fasilitas pelanggan dan kebersihan stasiun. Pemangkasan pohon juga dilakukan untuk mencegah gangguan akibat pohon tumbang di jalur kereta.

"Normalisasi saluran air dan sterilisasi jalur dari pepohonan yang menghalangi pandangan masinis juga menjadi fokus kami. Kami juga menempatkan petugas di kabin masinis untuk memantau kondisi jalur," tambahnya.

Dengan upaya pemeriksaan ini, KAI berharap dapat menjaga keandalan prasarana dan memastikan keselamatan perjalanan kereta api, terutama di musim hujan. KAI berkomitmen untuk terus menjaga kelancaran perjalanan kereta di seluruh wilayah operasionalnya.

“Kami akan terus siaga melakukan perawatan dan perbaikan jalur agar perjalanan kereta tetap aman dan lancar,” tutup Rokhmad.

 

 

Topik Menarik