Jelang MotoGP Mandalika, Polda NTB Siagakan Petugas Anti-Drone di Sirkuit

Jelang MotoGP Mandalika, Polda NTB Siagakan Petugas Anti-Drone di Sirkuit

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 15:00
share

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiagakan petugas khusus untuk menghalau drone di seputar Sirkuit Pertamina Mandalika selama gelaran Pertamina Grand Prix Of Mandalika. Ajang adu balap motor bergengsi ini akan digelar akhir pekan ini.

Wakil Direktur Lalu lintas Polda NTB AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan, petugas khusus anti-drone itu ditempatkan di tujuh bukit sekitar Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu polisi mengimbau masyarakat tidak terkecuali komunitas penggemar drone tidak beraktivitas di seputar Sirkuit Mandalika selama MotoGP berlangsung.

"Kami sudah menempatkan petugas khusus untuk jammer drone yang beraktivitas di seputar Sirkuit Mandalika," ujar Leo Dedi di Sirkuit Mandalika, Jumat (27/9/2024). 

Tidak itu saja, pihaknya juga menempatkan puluhan petugas di tujuh bukit yakni di Bukit Jokowi sebanyak 12 personel. Kemudian Bukit Seger 10 personel, Bukit 360 11 personel, Bukit Tangkep 11 personel, Bukit Petiwung 12 personel, Bukit Pogem 10 personel dan Bukit Bakek Bantal 11 personel. 

Pengamanan juga dilakukan dengan menempatkan personel pada 40 pos keamanan di lingkar Sirkuit Mandalika. Adapun jumlah personel keamanan yang diterjunkan sebanyak 2.738 orang terdiri atas Polri dan TNI. Pengamanan ini dilakukan di sejumlah pintu masuk menuju Pulau Lombok yakni di empat pelabuhan dan bandara Internasional.

Pengamanan berlapis terutama di area VVIP menyusul rencana kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran puncak MotoGP, Minggu (29/9/2024). 

"Untuk pengamanan VVIP kami akan berkoordinasi dengan TNI dalam hal ini Paspampres," ucapnya.

Topik Menarik