Terapi Pasir Besi di Pantai Pondok Kerakat, Dipercaya Bisa Sembuhkan Strok dan Reumatik

Terapi Pasir Besi di Pantai Pondok Kerakat, Dipercaya Bisa Sembuhkan Strok dan Reumatik

Terkini | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 12:29
share

SEONG, iNews.id - Pantai Pondok Kerakat di Desa Pohgading Timur, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Objek wisata ini terbilang unik. 

Selain bisa menikmati suasana deburan ombak dan bermain air, di pantai ini para pengunjung juga bisa melakukan terapi pasir besi untuk kesehatan dengan cara dikubur dari ujung kaki hingga dada.

Pantai ini selalu ramai, apalagi Sabtu dan Minggu. Pukul 07.00 Wita para pengunjung mulai memadati kawasan pantai tersebut.

Para pengunjung menggali pasir pantai sedalam setengah meter untuk bisa membenamkan setengah badannya dan merasakan sensasi panasnya pasir besi. 

Mereka berjejer di bibir pantai dengan atap payung. Butiran pasir pantai di kawasan ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, terutama strok dan reumatik. 

Meski belum diakui secara medis, tapi panasnya butiran pasir besi ini dinilai ampuh sebagai terapi kesehatan.

Salah seorang pengujung asal Masbagik, Lombok Timurt, Baiq Ramlah mengaku merasakan manfaatnya setelah membenamkan kaki dan berjempur di pantai ini. 

"Awalnya kan sakit kaki dan pinggang, setelah ke sini sudah mulai ringan, bagus manfaat ini," ujarnya, Minggu (27/10/2024).

Setiap pekan, dia dan keluarga selalu menyempatkan diri datang ke pantai ini. " Ini kita satu mobil, keluarga dan teman-teman kampung," ucap Guru SDN itu.

Pengunjung lainnya, Fendi menuturkan, awalnya dia tidak bisa berjalan karena menderita strok. Berbagai pengobatan medis, bolak balik ke dokter dan terapi sudah dilakukan. 

Ternyata, lanjut dia setelah mencoba terapi pasir besi akhirnya bisa jalan dan tubuhnya lebih ringan. Terapi pasir besi ini, dijalaninya sudah sembilan bulan. 

Bahkan, dia bersama teman-temannya penderita stroke membangun tenda semi permanen di bibir pantai. "Karena kan hampir setiap hari kita ke sini, ya kita bangun tenda sementara untuk berteduh," katanya.

Kini, Pantai Pondok Kerakat selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan domestik. Mereka berlibur menikmati suasana pantai sambil terapi kesehatan dengan butiran pasir besi.

Topik Menarik