Kembangkan SDM, Pemkab Taliabu Teken MoU Program Kuliah Gratis dengan UT

Kembangkan SDM, Pemkab Taliabu Teken MoU Program Kuliah Gratis dengan UT

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 14:01
share

TALIABU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu kembali menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) di Aula Gedung Kuliah UT, lantai 3, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu 17 Juli 2024. 

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus dan Rektor UT Prof. Ojat Darodjat, M.Sc, Ph.D.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Salim Ganiru menyatakan, bahwa kerja sama berlaku selama lima tahun dan bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada seluruh warga Taliabu yang ingin melanjutkan studi dengan biaya yang ditanggung oleh pemda," ujarnya.

Kerja sama ini tidak hanya diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemda, tetapi juga untuk seluruh masyarakat yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Satu.

"Jurusan yang ditawarkan di antaranya, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Manajemen, Pemerintahan, Administrasi Negara dan Akuntansi," ucapnya.

Hingga saat ini, lanjut Sekda, sudah ada 75 calon mahasiswa yang terdaftar dalam program ini.

Dalam sambutannya, Rektor UT Ojat Darodjat menyatakan bahwa UT hadir untuk memberikan layanan pendidikan tinggi di berbagai bidang keilmuan kepada masyarakat yang tidak terjangkau, baik dari segi lokasi maupun biaya.

"UT akan menjembatani pengembangan SDM di Indonesia, terutama di daerah kawasan 3T (terdepan, terluar, tertinggal)," katanya.

Sementara itu, Bupati Taliabu Aliong Mus, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Basiludin Labesi mengatakan, bahwa selain infrastruktur, peningkatan mutu dan kualitas SDM menjadi tantangan utama di Kabupaten Pulau Taliabu.

"Kerja sama ini akan menjembatani putusnya pendidikan putra-putri daerah Taliabu di usia perguruan tinggi akibat berbagai faktor," tuturnya.

Bupati dua periode berharap semoga program ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin tinggi tantangannya.

Topik Menarik