Jokowi Tepis Anggapan IKN Proyek Presiden: Sudah Melalui Tahapan Berbangsa dan Bernegara 

Jokowi Tepis Anggapan IKN Proyek Presiden: Sudah Melalui Tahapan Berbangsa dan Bernegara 

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 11:56
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemindahan dan pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) bukan proyek dirinya pribadi. Pemindahan dan pembangunan IKN telah melalui tahapan berbangsa dan bernegara.

"Supaya jangan ada sebuah kekeliruan persepsi bahwa ini adalah proyeknya Presiden Jokowi, bukan. Itu sudah melalui tahapan-tahapan yang baik dalam kita berbangsa dan bernegara," kata Jokowi, Rabu (25/9/2024).

Jokowi menekankan kepindahan ke IKN bukan hanya pindah fisik terutama istana ataupun gedung kementerian. Namun, yang paling penting adalah tonggak peradaban bangsa Indonesia.

"Kepindahan kita ke ibu kota Nusantara ini juga sekali lagi bolak balik saya sampaikan kita ini bukan ingin pindah fisiknya. Pindah istana pindah fisik gedung kementerian bukan itu," katanya.

Selanjutnya: Perpindahan di IKN Diharapkan Ubah Pola Pikir

Jokowi juga berharap pindahnya ibu kota ke Nusantara juga memperbaharui pola pikir, cara kerja hingga semangat kerja.

"Yang ingin saya sampaikan adalah pindahnya kesini itu adalah pindahnya pola pikir baru kita, pindahnya mindset baru kita, pindahnya cara kerja baru kita, pindahnya semangat kerja baru kita," tuturnya.

Jokowi juga menyebut pemindahan ASN ke IKN akan mengikuti sistem yang sudah dirancang agar dapat berkompetisi dengan global.

"Artinya nantinya ASN masuk kesini sistemnya itu sudah siap karena dalam kompetisi global kompetisi antarnegara sekarang ini," katanya.

Topik Menarik