Pertama Kali, Hizbullah Serang Markas Mossad di Tel Aviv Pakai Rudal Balistik Qader 1

Pertama Kali, Hizbullah Serang Markas Mossad di Tel Aviv Pakai Rudal Balistik Qader 1

Terkini | inews | Rabu, 25 September 2024 - 13:16
share

BEIRUT, iNews.id - Hizbullah hari ini mengklaim telah meluncurkan rudal balistik ke Tel Aviv untuk pertama kalinya. Serangan tersebut memicu sirene di kota itu dan beberapa tempat lain termasuk Netanya.

Sementara itu, sistem antirudal balistik Arrow milik Israel diaktifkan di Tel Aviv pada Rabu (25/9/2024) pagi. Penduduk kota itu mengungsi ke tempat penampungan.

"Untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza, dalam mendukung perlawanan yang berani dan terhormat, dan dalam membela Lebanon dan rakyatnya, Perlawanan Islam (Hizbullah) meluncurkan rudal balistik 'Qader 1' pada Rabu, pukul 06.30 pagi, yang menargetkan markas besar Mossad di pinggiran Kota Tel Aviv," ungkap Hizbullah dalam sebuah pernyataan.

"Markas besar ini bertanggung jawab atas pembunuhan para pemimpin dan peledakan pager serta perangkat radio (di Lebanon, pekan lalu)," bunyi pernyataan itu lagi, seperti dikutip Press TV.

Hizbullah dan Israel sudah saling serang sejak awal Oktober tahun lalu, tak lama setelah rezim zionis melancarkan perang genosida terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, menyusul operasi mendadak oleh Hamas. Gerakan perlawanan Lebanon itu telah bersumpah untuk terus melancarkan serangan balasan selama Israel melanjutkan perangnya di Gaza.

Sampai sejauh ini, serangan militer zionis di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan sedikitnya 41.467 warga Palestina. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Para pejabat Hizbullah telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak menginginkan perang dengan Israel. Akan tetapi, mereka juga menegaskan siap berperang jika itu memang harus terjadi.

Dua perang Israel yang dilancarkan terhadap Lebanon pada 2000 dan 2006 menghadapi perlawanan kuat dari Hizbullah, yang mengakibatkan mundurnya pasukan rezim Yahudi itu di kedua konflik tersebut.

Topik Menarik