Alquran dan Sains Buktikan Gunung Bisa Bergerak Cepat seperti Awan

Alquran dan Sains Buktikan Gunung Bisa Bergerak Cepat seperti Awan

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 09:12
share

ALQURAN dan sains membuktikan gunung bisa bergerak cepat seperti awan . Diketahui bahwa gunung merupakan tanah dengan bentuk menonjol dengan wujud sangat tinggi dan besar. Biasanya ketinggian gunung lebih dari 600 meter.

Menurut ilmu sains , sebuah gunung terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik, atau gerakan epeirogenik. Sementara dalam kitab suci Alquran, gunung adalah salah satu bagian dari ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dijelaskan, gunung dapat menimbulkan aktivitas karena kehendak-Nya.

Dilansir buku "Tafsir Ilmi Samudera dalam Perspektif Alquran dan Sains" yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), diungkapkan bahwa gunung terus bergerak cepat.

Pegerakan cepat gunung ini diibaratkan layaknya gerakan awan. Allah Azza wa Jalla menjelaskan hal ini melalui salah satu ayat Alquran:

Artinya: "Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Quran Surat An-Naml Ayat 88)

Topik Menarik