Kontrak Bayar Tol Tanpa Berhenti Bakal Dirombak, Kenapa?

Kontrak Bayar Tol Tanpa Berhenti Bakal Dirombak, Kenapa?

Terkini | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 15:22
share

JAKARTA - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono menyatakan pihaknya tengah melakukan pembahasan ulang terkait kontrak investasi penerapan tol nir sentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow).

Triono menjelaskan Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Pelaksana (BUP) PT RITS (Roatex Indonesia Tollroad System) tengah melakukan penyesuaian kontrak terkait kewajiban untuk menjalani masa transisi sebelum sistem pembayaran baru itu diterapkan secara penuh.

"Kita mau negosiasi ulang nilai kontraknya lagi, harapan kita sekarang perbaikan dulu apa yang tertuang dalam kontrak nanti, ya mudah-mudahan tahun depan bisa kita laksanakan," ujarnya saat ditemui MNC di Kompleks DPR RI dikutip, Kamis (19/9/2024).

Masa transisi yang direkomendasikan oleh Kementerian PUPR yakni dengan mencoba teknologi MLFF di satu lajur terlebih dahulu untuk beberapa ruas jalan tol. Sehingga masa transisi tersebut masuk dalam biaya investasi yang dikeluarkan PT RITS Indonesia sekitar Rp4,5 triliun.

"Nanti ada konsep transisi atau bertahap sebelum ke full MLFF, dalam kontrak yang mau disesuaikan," tambahnya.

Topik Menarik