Unggul di Survei, Ridwan Kamil Optimis Menangkan Pilgub Jakarta Satu Putaran

Unggul di Survei, Ridwan Kamil Optimis Menangkan Pilgub Jakarta Satu Putaran

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 01:37
share

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK)-Suswono (RIDO) merajai elektabilitas Pilkada Jakarta 2024 dalam survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Merespons hasil tersebut, RK optimistis bisa menang satu putaran di Pilkada 2024.

"Ya optimis (menang satu putaran)," ucap RK di kawasan Jakarta Timur, Kamis (19/8/2024).

Dia menilai hasil survei sebagai pertanda kalau warga Jakarta yakin dengan program yang ditawarkan RIDO akan memberikan solusi untuk permasalahan warga. 

"Ya kita menunjukkan bahwa warga makin yakin, bahwa kita fokus pada solusi-solusi yang mudah dipahami karena orang Jakarta kan kritis-kritis dan rasional," sambungnya.

Ia menambahkan, dalam survei internal yang dilakukan pihaknya, juga berkisar di angka 51-57 persen. Pihaknya berharap angka survei itu terus naik hingga akhirnya bisa memenangkan pasangan RIDO di Pilkada 2024.

"Mudah-mudahan Allah kabulkan, kami ingin menang dengan cara baik, tidak boleh ada money politics semua fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan," tuturnya.

 

Diketahui, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil jajak pendapat terkini elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024-2029. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono masih jauh berada di atas rivalnya Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

"Kalau misalkan Pilkada dilakukan pada saat kita mengadakan survei, itu berarti Ridwan Kamil sudah melewati batas 50 persen lebih yang dipersyaratkan untuk dinyatakan gubernur terpilih di Jakarta," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu 18 September 2024.

Dari data hasil survei yang dirilis LSI, Ridwan Kamil-Suswono menempati peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 51,8 persen. Pramono Anung-Rano Karno mengantongi elektabilitas 28,4 persen. Posisi ketiga Paslon jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan elektabilitas 3,2 persen.

"Tidak ikut memilih sebesar 3,9," ujarnya.

Survei LSI dilakukan pada 6-12 September 2024 dengan metode wawancara tatap muka langsung 1.200 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage. Toleransi kesalahan atau margin of error survei ini ±2.9, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 

Topik Menarik