Lebih Aman, Discord Gulirkan Enkripsi End-to-End untuk Panggilan Audio dan Video

Lebih Aman, Discord Gulirkan Enkripsi End-to-End untuk Panggilan Audio dan Video

Terkini | inews | Kamis, 19 September 2024 - 07:04
share

JAKARTA, iNews.id - Discord meluncurkan enkripsi end-to-end ke panggilan audio dan video di platformnya. Teknologi ini akan diterapkan pada panggilan DM, DM grup, voice channels, dan Go Live stream. 

Discord merinci teknologi dan tujuannya untuk enkripsi end-to-end (E2EE) dalam postingan blog. Klien desktop dan seluler sudah mendukung pemutakhiran baru ini, dan klien lainnya akan mendapatkan fitur tersebut tahun depan.

Perusahaan telah berfokus pada transparansi dengan protokol E2EE-nya, dan telah menyediakan banyak informasi tentangnya untuk umum. Discord juga berjanji tidak akan ada pengorbanan terhadap kualitas panggilan dengan penambahan E2EE. 

Satu pengecualian penting untuk protokol enkripsi ini adalah pesan. Discord mengatakan hal itu dilakukan agar pesan tetap dapat masuk dalam aturan moderasi konten perusahaan. 

Jenis enkripsi menyeluruh ini telah menjadi semakin umum selama bertahun-tahun. Bukan hal aneh melihatnya sebagai opsi atau default di platform seperti Signal, WhatsApp, dan Zoom. 

Dikutip dari Engadget, Rabu (18/9/2024), Discord berkomitmen untuk melindungi privasi dan data sekitar 200 juta orang yang menggunakan platform setiap bulan. 

Topik Menarik