Satgas Damai Cartenz Pelajari Proposal OPM untuk Bebaskan Pilot Susi Air, Serius atau Propaganda

Satgas Damai Cartenz Pelajari Proposal OPM untuk Bebaskan Pilot Susi Air, Serius atau Propaganda

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 16:56
share

JAYAPURA, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz-2024 masih mempelajari isi proposal Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Proposal tersebut terkait rencana membebaskan pilot Susi Air.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

"Apakah ini hal yang serius akan dilakukan oleh KKB atau hanya sekadar propaganda belaka. Kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu," ujar Kombes Bayu.

Sebelumnya Egianus Kogoya, pimpinan OPM terkait pembebasan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang telah disandera selama lebih dari satu tahun, beredar luas di media sosial.

Dalam pernyataan tersebut, OPM mengeluarkan proposal pembebasan pilot Susi Air. Proposal itu diterbitkan pada Selasa, 17 September 2024 dan menunjuk fasilitator untuk mediasi pembebasan Philip Mark Mehrtens.

Menurut juru bicara KKB, Sebby Sambon, proposal ini untuk merespons tuntutan yang selama ini disuarakan oleh berbagai pihak.

Topik Menarik