Tegas, TNI ke OPM: Tak Perlu Melebar ke Mana-mana jika Benar Akan Bebaskan Pilot Susi Air

Tegas, TNI ke OPM: Tak Perlu Melebar ke Mana-mana jika Benar Akan Bebaskan Pilot Susi Air

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 10:50
share

JAYAPURA, iNews.id - Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyampaikan dengan alasan kemanusiaan akan membebaskan pilot Susi Air. Pernyataan OPM ini mendapat respons menohok dari TNI.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mempertanyakan alasan OPM untuk membebaskan pilot tersebut. Secara tegas dia mengatakan, jika OPM peduli dengan kemanusiaan mengapa melakukan penyanderaan.

"Pada dasarnya misi kemanusiaan dari aparat keamanan untuk melindungi dan menyelamatkan pilot dan masyarakat, sehingga gerombolan OPM tidak perlu melebar kemana-mana jika benar-benar akan membebaskan pilot Susi Air," ujar Letkol Inf Candra, Rabu (18/9/2024).

Dia menuturkan, yang menahan atau menyandera warga asal Selandia Baru itu merupakan OPM, namun kini mereka akan membebaskan pilot dengan alasan kemanusiaan, sehingga antara tindakan dan pernyataan tidak sinkron atau tidak sesuai.

"Sedangkan aparat keamanan sendiri sejak awal selalu mengedepankan dialog dan misi kemanusiaan," tuturnya.

Diketahui Pilot Susi Air bernama Philip Mark Mehrten disandera oleh OPM atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu sejak 7 Februari 2023.

Topik Menarik