Pemotor Lawan Arah Jadi Penyebab Kemacetan Parah di Puncak

Pemotor Lawan Arah Jadi Penyebab Kemacetan Parah di Puncak

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 18:04
share

JAKARTA - Polisi mengungkap penyebab kemacetan lalu lintas parah di Jalur Puncak , Kabupaten Bogor, pada Minggu 15 September 2024. Penyebab kemacetan lantaran banyak pemotor yang mengambil jalur arah berlawanan hingga mengakibatkan lalu lintas stuck.

"Untuk hambatan kemarin terjadinya pelambungan pelambungan, dari roda dua," kata Kasat Lantas Polres Bogor , AKP Rizky Guntama, Senin 16 September 2024.

Polisi menyebut kemacetan di Puncak juga disebabkan volume motor baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya datang dalam jumlah besar secara bersamaan. Sehingga membuat gelombang arus lalu lintas di Jalur Puncak.

"Yang turun dari Puncak dan naik ke Puncak sama besarnya, akhirnya mereka bertemu di satu titik mengakibatkan hambatan," jelasnya.

Untuk mengurai kemacetan, polisi melakukan kanalisasi kendaraan roda dua agar tidak melambung. Namun, karena jumlahnya yang sangat banyak tidak dapat tertampung.

"Iya kemarin kanalisasi sudah dilaksanakan, tetapi karena roda dua cukup banyak, akhirnya tidak tercukupi untuk kanalisasi," pungkasnya.

Untuk diketahui, Jalur Puncak, Kabupaten Bogor sempat mengalami kepadatan pada Minggu 15 September 2024. Bahkan, sistem one way dari arah Puncak menuju Jakarta sempat lebih dari 12 jam.

Tercatat, ada sekitar 140.000 kendaraan yang melintas di Jalur Puncak ketika itu. Mayoritas yang melintas didominasi oleh kendaraan roda dua.

Topik Menarik