Rusia Siap Bangun PLTN Kapasitas Besar dan Kecil di Indonesia, Tinggal Aba-Aba dari Pemerintah

Rusia Siap Bangun PLTN Kapasitas Besar dan Kecil di Indonesia, Tinggal Aba-Aba dari Pemerintah

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 09:38
share

MOSKOW, iNews.id – Rusia siap menawarkan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) berkapasitas besar maupun kecil kepada Indonesia. Hal itu diungkapkan Perusahaan Energi Atom Negara Rusia, Rosatom, awal pekan ini.

Direktur Bisnis Internasional Rosatom, Boris Arseev menuturkan, pihaknya saat ini tengah aktif berbagi pengalaman dengan para mitra di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengembangan sektor energi di Tanah Air. Pada saat yang sama, ada sejumlah organisasi dan lembaga pemerintah di Indonesia yang dapat bertindak sebagai pelanggan dan mitra yang memenuhi syarat dalam pembangunan kapasitas nuklir tersebut.

“Mengenai teknologi energi yang siap kami tawarkan kepada Indonesia untuk pengembangan proyek bersama di bidang energi nuklir, kita dapat berbicara tentang pembangkit listrik tenaga tinggi dan reaktor modular kecil. Keputusan harus dibuat oleh pihak Indonesia, berdasarkan kebutuhan negara tersebut,” kata Arseev dalam wawancara dengan Sputnik, Senin (16/9/2024).

Dia menjamin tawaran mana pun yang diberikan Rosatom kepada Indonesia kelak, baik kapasitas kecil maupun besar, akan menjadi teknologi yang andal dan aman. Dia juga memastikan efektivitas teknologi nuklir Rosatom sudah terbukti dan teruji oleh waktu.

Menurut Arseev, dalam hal kapasitas besar, produk unggulan Rosatom adalah unit daya Generasi III+ dengan reaktor VVER-1200. “Ngomong-ngomong, Rosatom adalah perusahaan pertama di dunia yang meluncurkan unit Generasi III+,” tuturnya. 

Dia menjelaskan, Generasi III+ adalah teknologi PLTN tercanggih yang sepenuhnya mematuhi semua standar keselamatan “pasca-Fukushima” yang mengacu kepada bencana PLTN Fukushima di Jepang 2011. 

Teknologi tersebut menggabungkan sistem aktif dan pasif, yang memiliki beberapa penahan keselamatan. Selain itu, stasiun ini mampu menahan dampak eksternal yang ekstrem seperti banjir, tsunami, badai, gempa bumi. 

“Sistem proteksi seismik PLTN ini, yang menjadi masalah mendesak bagi Indonesia, telah dengan jelas menunjukkan keefektifannya di PLTN Akkuyu (di Turki),” ucapnya.

Arseev juga menekankan bahwa Rosatom memliki keunggulan dalam teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir (SMP) berkapasitas kecil. “Saat ini, ada lebih dari 90 proyek reaktor modular kecil di dunia, tetapi hanya kami yang telah mengubah kata-kata menjadi tindakan,” katanya.

Topik Menarik