Dokter Bagikan Kisah Pasien yang Tak Sengaja Menelan Jarum Pentul saat Memakai Hijab, Kok Bisa?

Dokter Bagikan Kisah Pasien yang Tak Sengaja Menelan Jarum Pentul saat Memakai Hijab, Kok Bisa?

Terkini | okezone | Minggu, 15 September 2024 - 14:45
share

DOKTER Gastroenterologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam baru-baru ini membagikan salah satu pengalaman langka ketika dirinya menangani pasien yang tak sengaja menelan jarum pentul.

Kedengarannya memang ngeri, namun ini bisa saja terjadi. Mengingat, beberapa dari kalangan wanita, khususnya yang berhijab kerap memiliki kebiasaan mengigit jarum di mulut ketika sedang memasang hijab. Rupanya, hal tersebut ternyata memiliki risiko yang berbahaya, di mana jarum pentul tersebut bisa saja tak sengaja tertelan.

Salah satu pasien dr. Ari contohnya. Meski tak sengaja tertelan jarum pentul, untungnya wanita yang tidak disebutkan namanya tersebut tak harus menjalani operasi. Alternatifnya, tim medis menggunakan alat endoskopi yakni suatu fiber optic yang dilengkapi kamera untuk melihat anatomi bagian dalam esofagus dan lambung, agar jarum pentul yang sudah tertanam beberapa hari di lambung wanita tersebut bisa keluar.

Kisah mengerikan wanita tersebut diceritakan langsung oleh dr. Ari melalui cuitan di akun X miliknya. Dalam cuitannya, guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu mengaku lega akhirnya bisa mengeluarkan jarum pentul yang tertanam di lambung wanita itu meski tanpa proses operasi.

Alhamdulillah jarum pentul yg sdh tertanam berapa hari bisa dikeluarkan dari lambung tanpa operasi, kata dr.Ari, melalui akun X miliknya, @DokterAri.

Dokter Ari lantas mengimbau agar kasus tersebut bisa dijadikan pelajaran, agar para wanita menghindari kebiasaan berbahaya menggigit jarum pentul ketika akan memasang hijab.

Topik Menarik