KM Kencana Jaya Tenggelam Ditabrak Tanker di Laut Jawa, 2 ABK Hilang

KM Kencana Jaya Tenggelam Ditabrak Tanker di Laut Jawa, 2 ABK Hilang

Terkini | inews | Rabu, 11 September 2024 - 11:30
share

BELITUNG, iNews.id KM Kencana Jaya tenggelam di perairan Beting Eka Laut Jawa usai ditabrak kapal tanker. Sebanyak tiga orang anak buah kapal (ABK) selamat dan dua lainnya hilang dalam kejadian tersebut.

Pada 11 September 2024, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi kejadian dari KKM TB Tunas SS yang telah menyelamatkan tiga orang ABK KM Kencana Jaya di Perairan Beting Eka Laut Jawa, kata Kakansar Pangkalpinang, I Made Oka, Rabu (11/9/2024).

Sebelumnya, kata dia, saat melakukan perjalanan dari Cilegon menuju Pontianak pada 9 September 2024, TB Tunas SS menemukan tiga orang ABK KM Kencana Jaya terombang-ambing di perairan Beting Eka Kepulauan Seribu.

Melihat hal itu, TB Tunas SS langsung mengevakuasi ketiga ABK ke atas kapal, ujarnya.

Ketiga ABK KM Kencana Jaya yang berhasil dievakuasi itu atas nama Suwandi (39), Juwair (60), dan Sanen (39). Sementara dua ABK lainnya atas nama Iyang (55) dan Nur Jaya (22) belum ditemukan.

Sebelumnya KM Kencana Jaya tertabrak oleh kapal tanker dan tenggelam di sekitaran perairan Pulau Seribu, ucapnya.

Selanjutnya Kansar Pangkalpinang menginformasikan kejadian tersebut ke Kansar Jakarta untuk melakukan pencarian terhadap kedua ABK yang masih belum ditemukan. Sebab, lokasi kejadian dekat dengan Kantor SAR Jakarta.

Setelah menyelamatkan ketiga ABK, TB Tunas SS mengalihkan rute menuju Tanjung Pandan Belitung dikarenakan keterbatasan logisitik di atas kapal dan memohon bantuan penjemputan kepada Kansar Pangkalpinang.

Menerima Infomasi tersebut, Kansar Pangkalpinang memberangkatkan tim rescuer untuk mengevakuasi ketiga ABK KM Kencana Jaya yang berada di TB Tunas SS pada koordinat 243'48.73"S 10730'54.55"E di sekitaran perairan Pulau Belitung, tuturnya.

Selanjutnya, kata dia, ketiga ABK dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke Kapal RIB (Rigid Inflatable Boat) Basarnas. Korban kemudian dibawa ke Pos Unit Siaga SAR Tanjung Pandan dan dilaksanakan pengecekan kondisi kesehatan oleh Balai Kekarantinaan Kesehatan Tanjung Pandan.

"Terima kasih atas dukungan dan bantuan tim SAR gabungan dan beberapa pihak yang terlibat dalam proses evakuasi tiga orang ABK KM Kencana Jaya. Semoga dua korban lainnya dapat segera ditemukan," kata Oka.

Topik Menarik