Komisi X DPR Yakin PON XXI Cetak Atlet Unggul yang akan Bawa RI Makin Gemilang di Kancah Dunia

Komisi X DPR Yakin PON XXI Cetak Atlet Unggul yang akan Bawa RI Makin Gemilang di Kancah Dunia

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 20:24
share

JAKARTA, iNews.id - Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira meyakini penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut dapat mencetak atlet unggul berprestasi. Dia juga mengapresiasi prestasi para atlet Indonesia di kancah internasional beberapa waktu terakhir.

"Saya yakin ajang PON XXI ini dapat mencetak bintang baru di bidang olahraga nasional. Prestasi para atlet kita mencerminkan kualitas dan dedikasi yang tinggi, yang harus didukung sepenuhnya oleh Pemerintah agar mereka dapat terus berkembang dan mengharumkan nama bangsa di panggung dunia," ujar Andreas Hugo Pariera, Selasa (10/9/2024).

Andreas mengingatkan pemerintah untuk terus mendukung para atlet dengan melakukan pengembangan bakat, fasilitas latihan, hingga peningkatan kesejahteraan dan masa depan mereka setelah karier profesionalnya.

Hal ini penting sebab menurut Andreas, banyak anak muda berbakat di bidang olahraga yang enggan meniti karier sebagai atlet karena dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas saat pensiun.

Dengan demikian, para atlet tidak hanya merasa didukung saat mereka masih aktif bertanding, tetapi masa depan mereka juga terlindungi sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, kata Andreas.

Sementara itu, PON XXI yang digelar di Aceh dan sebagian wilayah Sumut itu resmi dibuka kemarin, Senin (9/9), bertepatan dengan peringatan Haornas 2024. Pesta olahraga nasional itu mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan melibatkan hampir 13.000 atlet.

Kepada para atlet, anggota komisi olahraga dan pendidikan DPR itu berpesan untuk memanfaatkan momen ini dengan maksimal.

Manfaatkan PON dengan sebaik-baiknya karena PON adalah ajang pencarian bakat atlet-atlet unggul yang nantinya akan membawa Indonesia semakin gemilang di kompetisi olahraga dunia, katanya.

Topik Menarik