Timnas Indonesia vs Australia Main di GBK yang Jadi Aset Negara Termahal, Tembus Rp348 Triliun

Timnas Indonesia vs Australia Main di GBK yang Jadi Aset Negara Termahal, Tembus Rp348 Triliun

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 11:26
share

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melawan Australia di match kedua Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Australia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno ( SUGBK ), Jakarta, pada Selasa 10 September 2024 pukul 19.00 WIB dan bisa disaksikan secara live di RCTI.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan kondisi SUGBK sejauh ini cukup baik berdasarkan hasil tinjauan pada Sabtu 7 September 2024. Sebelumnya, GBK baru saja dipakai untuk Misa Akbar yang dipimpin Paus Fransiskus pada Kamis 5 September 2024 sore WIB.

Meski dalam kondisi cukup baik, Erick menilai masih ada yang harus ditingkatkan di GBK meski bukan aspek krusial.

"Secara keseluruhan, keadaan stadion cukup baik. Akan ada beberapa improvement, tetapi tidak ada yang signifikan yang akan mengganggu pertandingan," kata Erick dalam keterangan resminya.

Erick yakin pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Australia dapat berjalan cukup baik. Dia melihat keseriusan dari Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) menyiapkan lapangan yang berkualitas.

"Kami berkomitmen untuk memastikan ke pengelola GBK. Semua sudah siap untuk pertandingan menghadapi Australia," kata Erick.

GBK Aset Termahal

Setelah direvaluasi dan lolos audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), nilai aset GBK mencapai Rp348 triliun. Direktur Barang Milik Negara (BMN) DJKN Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan nilai aset GBK menjadi yang termahal dari total aset negara senilai Rp10.467,53 triliun.

"Tanahnya sekitar Rp345 triliun, bangunannya Rp3 triliun, itu sebuah kompleks paling tinggi (nilai) di Indonesia," katanya.

"Jadi nilai asetnya tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang di pusat kota," sambungnya.

Topik Menarik