Elon Musk: SpaceX Bakal Luncurkan Pesawat Nirawak ke Mars dalam Dua Tahun

Elon Musk: SpaceX Bakal Luncurkan Pesawat Nirawak ke Mars dalam Dua Tahun

Terkini | okezone | Minggu, 8 September 2024 - 11:46
share

SPACEX akan meluncurkan Starships nirawak pertamanya ke Planet Mars dalam dua tahun saat jendela transfer Bumi-Mars berikutnya dibuka. Rencana ini diumumkan Kepala Eksekutif Elon Musk, dalam sebuah posting di platform media sosial X pada Sabtu, (7/9/2024).

"Ini akan diluncurkan tanpa awak untuk menguji keandalan pendaratan utuh di Mars," kata Musk sebagaimana dilansir Reuters . Dia menambahkan jika pendaratan itu berjalan dengan baik, perusahaan antariksanya akan meluncurkan penerbangan berawak pertamanya ke Mars dalam empat tahun.

"Tingkat penerbangan akan tumbuh secara eksponensial dari sana, dengan tujuan membangun kota yang mandiri dalam waktu sekira 20 tahun," kata miliarder tersebut.

Pada April, Musk, yang mendirikan SpaceX pada 2002, mengatakan bahwa pesawat antariksa tanpa awak pertama yang mendarat di Mars akan mendarat dalam waktu lima tahun, dengan orang pertama yang mendarat di Mars dalam waktu tujuh tahun.

Pada Juni, roket Starship berhasil selamat dari perjalanan kembali hipersonik yang berapi-api dari luar angkasa dan mencapai demonstrasi pendaratan yang luar biasa di Samudra Hindia, menyelesaikan misi uji penuh di seluruh dunia pada percobaan keempat roket tersebut.

Musk mengandalkan Starship untuk memenuhi tujuannya memproduksi pesawat antariksa generasi berikutnya yang besar dan multiguna yang mampu mengirim orang dan kargo ke bulan akhir dekade ini, dan akhirnya terbang ke Mars.

Topik Menarik