Flight Radar Sering Digunakan untuk Melacak Penerbangan, Begini Cara Kerjanya

Flight Radar Sering Digunakan untuk Melacak Penerbangan, Begini Cara Kerjanya

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 19:03
share

JAKARTA, iNews.id - Flight radar sering digunakan untuk melacak penerbangan pesawat terbang. Sebenarnya apa itu flight radar tersebut.

Layanan pelacak penerbangan yang biasa digunakan yakni Flightradar24. Dikutip dari halaman dukungan, Flightradar24 adalah layanan pelacakan penerbangan global yang menyediakan informasi terkini tentang ribuan pesawat di seluruh dunia. 

Flightradar24 tersedia secara daring dan untuk perangkat iOS atau Android Anda. Bagaimana cara kerja layanan fligh radar untuk melacak penerbangan?

Mengenal Flight Radar

Flightradar24 merupakan pelacak penerbangan global yang menunjukkan lalu lintas udara langsung dari seluruh dunia. Layananan ini menggabungkan data dari beberapa sumber data termasuk ADS-B, MLAT, satelit, dan data radar. 

Data posisi ini digabungkan dengan jadwal dan status penerbangan dari maskapai penerbangan dan bandara untuk menciptakan pengalaman pelacakan penerbangan unik di www.flightradar24.com dan di aplikasi Flightradar24 yang tersedia untuk iOS dan Android.

Data Flight Radar

ADS-B

Teknologi utama yang digunakan Flightradar24 untuk menerima informasi penerbangan disebut automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B).

MLAT

MLAT juga digunakan untuk menghitung posisi pesawat yang tidak dilengkapi ADS-B. Ini menggunakan metode yang dikenal sebagai Time Difference of Arrival (TDOA). Dengan mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal dari pesawat dengan transponder Mode S yang lama, posisi pesawat ini dapat dihitung. 

Diperlukan empat atau lebih penerima Flightradar24 yang menerima sinyal dari pesawat yang sama untuk perhitungan MLAT. Karena diperlukan empat atau lebih penerima untuk menghitung posisi pesawat. Hal ini hanya dapat dicapai di ketinggian yang lebih tinggi dan di wilayah dengan banyak penerima.

Satelit

Pelacakan penerbangan berbasis satelit merupakan langkah terbaru dalam upaya mendapatkan cakupan ADS-B global. Satelit yang dilengkapi dengan penerima ADS-B mengumpulkan data dari pesawat di luar area cakupan jaringan ADS-B terestrial dan mengirimkan data tersebut ke jaringan Flightradar24. 

Data ADS-B berbasis satelit yang tersedia di Flightradar24 berasal dari berbagai penyedia. Karena jumlah satelit yang menyediakan data dan lokasinya bersifat dinamis, cakupan satelit pun bervariasi. 

Secara umum, ADS-B berbasis satelit meningkatkan cakupan penerbangan di atas lautan yang tidak memungkinkan penerimaan sinyal dari darat. Hanya pesawat yang dilengkapi dengan transponder ADS-B yang dapat dilacak melalui satelit.

Data Radar Amerika Utara

Selain ADS-B dan MLAT, Flightradar24 juga menerima data langsung tambahan untuk penerbangan di Amerika Utara. Data ini didasarkan pada data radar (bukan hanya pesawat yang dilengkapi dengan transponder ADS-B) dan mencakup sebagian besar lalu lintas udara terjadwal dan komersial di wilayah udara AS dan Kanada, serta sebagian Samudra Atlantik dan Pasifik.

Data Radar Australia

Mirip dengan Amerika Utara, Flaghtradar24 menerima data radar tambahan untuk lalu lintas udara di Australia. Data ini membantu meningkatkan jangkauan kami di Australia serta sebagian Samudra Hindia dan Pasifik.

Open Glider Network

Data pelacakan untuk glider dan pesawat ringan lainnya berasal dari Open Glider Network (OGN). Ini adalah proyek yang bertujuan menyediakan platform pelacakan terpadu untuk glider, drone, dan pesawat kecil lainnya. Saat ini difokuskan pada pelacakan pesawat yang dilengkapi dengan pelacak FLARM dan OGN, tapi juga menerima sumber data lain seperti SPOT, FANET, PilotAware, dll.

Flarm adalah versi ADS-B yang lebih sederhana dengan jangkauan yang lebih pendek. Utamanya digunakan oleh pesawat yang lebih kecil, dalam kebanyakan kasus glider. Jangkauan penerima Flarm antara 20 dan 100 km. Penerima Flarm sering dipasang di bandara kecil dengan lalu lintas glider yang banyak untuk melacak glider di sekitar bandara.

Estimasi

Ketika sebuah pesawat terbang di luar jangkauan, Flightradar24 akan memperkirakan posisi pesawat hingga 4 jam jika tujuan penerbangan diketahui. Untuk pesawat tanpa tujuan yang diketahui, posisi diperkirakan hingga 10 menit. 

Posisi dihitung berdasarkan berbagai parameter dan dalam kebanyakan kasus cukup akurat. Tapi untuk penerbangan jarak jauh, posisi tersebut dapat mencapai sekitar 200 km (110 mil). 

Topik Menarik