5 Contoh Teks Stand Up Comedy Terlucu, Dijamin Mengocok Perut 

5 Contoh Teks Stand Up Comedy Terlucu, Dijamin Mengocok Perut 

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 18:04
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks stand up comedy terlucu berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi kamu. Lawakan tunggal atau stand up comedy mungkin lebih terdengar familiar bagi masyarakat Indonesia.

Mengutip Fara (2017), dalam bukunya yang berjudul Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan dalam Layanan & Bimbingan Konseling, lawakan tunggal atau stand up comedy adalah suatu profesi pelawak yang lawakannya dibawakan diatas panggung seorang diri.

Dalam membuat materi stand up comedy, seorang komika haruslah memperhatikan beberapa bagian. Seperti set up atau bagian pengantar, punchline atau bagian lucu, bit atau bagian kecil dari set up dan punchline, dan terakhir yaitu rule of three atau penyampaian tiga hal.

Agar lebih paham bentuk teksnya, berikut contoh teks stand up comedy terlucu yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (6/9/2024).

Contoh Teks Stand Up Comedy Terlucu

1. Contoh Materi Stand Up Comedy Tema Pekerjaan

Hai semuanya, perkenalkan, nama saya Andi. Ngomongin soal kerjaan, saya punya banyak pengalaman kerja, dari yang standar sampai yang agak naik level. Kerjaan itu kadang kayak jodoh, nggak semua orang cocok dengan semua pekerjaan. Aku pernah jadi kuli bangunan gedung pencakar langit.

Jadinya kerjaan saya sering pindah-pindah. Tapi gaji selalu pindah juga, pindah ke tangan orang lain buat bayar utang, itu lebih seringnya sih. Mulai dari perusahaan ternama di Jakarta, tapi akhirnya resign juga karena lingkungan kerjanya kaya dunia maya, banyak gossip.

Pekerjaan kantoran sebenarnya enak, tapi teman toxic dan suka gosip kayak emak-emak. Saya sempat jadi asisten rumah tangga, tapi kok ya rumahnya lebih rapi pas saya nggak kerja, mungkin karena saya terlalu rajin buat ngelap debu.

Terus coba jadi tukang pijat, eh malah yang dipijat minta ganti karena badan mereka jadi pegal setelah dipijat sama saya. Saya juga pernah coba jadi driver ojek online, tapi saya ini punya masalah sama GPS, jadinya yang nyasar bukan cuma saya tapi juga penumpangnya.

Sampai ada yang bilang "Mas, ini udah nyasar jauh banget, bukan ke alamat saya!" Ya ampun, maaf ya, namanya juga berjuang. Terus jadi penjahit seragam anak sekolah, tapi pegel juga akhirnya berhenti.

Pernah jadi tukang parkir di pasar dekat desa, tapi ya gitu sering capek hati karena habis parkir nggak mau bayar. Akhirnya kerja di kantor, tapi kerjaannya ngatur-ngatur hidup orang doang, tapi duit receh di kantongnya banyak.

Pernah jadi penjaga WC umum, tapi ya itu deh, gak pernah dapat uang banyak. Udah gitu, setiap hari harus bersihin WC yang baunya pesing bukan main, makanya akhirnya berhenti juga.

Nah, saya juga pernah jadi penulis lepas, tapi kayaknya laptop saya lebih banyak ngejadiin lemari digital daripada alat kerja. Gak heran deh kalau yang saya tulis selalu di tolak sama editor, katanya tulisan saya gak ada rapi-rapinya sama sekali.

Terus saya jadi pelayan kafe, tapi kayaknya setiap saya sajikan kopi, senyum saya lebih masam daripada jus lemon. Gak heran pelanggan pada balik badan waktu saya mau nganter pesanan.

Akhirnya sekarang saya berada di sini, berdiri di depan kalian dengan cerita-cerita absurd dari pengalaman kerja saya. Ya namanya juga cari kerjaan yang pas di hati, bukan?Siapa sangka, dari semua pekerjaan itu, ternyata yang paling cocok buat saya adalah stand-up comedy.

Setidaknya disini, senyum saya gak masam lagi, kan? Hehehe. Terima kasih ya, sampai jumpa lagi!

2. Contoh Materi Stand Up Comedy Tema Bantuan Sosial

Halo semuanya, gimana kabar? Kita mau bahas topik yang lagi hits nih, bantuan sosial. Bantuan sosial itu kayak hujan di musim kemarau, kadang sudah ditunggu tapi nggak turun-turun.

Terus, denger nggak, ada yang bikin rencana dapur umum, tapi bukannya bagi-bagi makanan, malah bagi-bagi janji politik. Bantuan sosial kok malah jadi bahan kampanye, lucu ya.

Pernah ada cerita lucu nih tentang bantuan sosial yang dikirim ke daerah terpencil. Pas bantuan itu sampai, ternyata Cuma ada kalimat penyemangat dan diberikan bantuan dengan iming-iming nyoblos paslon tertentu.

Eh, suara rakyat mau dibeli seharga sebungkus paket bantuan beras dan mie instan. Sedih sih, tapi ini terus terjadi. Bicara soal bantuan sosial, pernah dengar nggak cerita tentang orang kaya yang dapat bantuan sosial?

Kalau udah gini nih, biasanya mereka pura-pura miskin. Gelang, kalung dan cincin emas yang biasanya sehari-hari dipakai, dilucuti dan berdandan ala kadarnya saat mengambil bantuan.

Sebenarnya saatnya kita naik kelas atau level, jangan hanya mau diberi tapi juga berkontribusi. Jangan merasa miskin, padahal sebenarnya mampu.

Apalagi bantuan sosial itu kayak pelampung, ngebantu buat ngapung sementara saja saat belum mampu berenang, tapi pada akhirnya kita juga perlu belajar berenang biar gak tenggelam begitu nggak ada pelampung.

Bantuan sosial tuh kayak layanan pengiriman, kadang cepat, kadang lama, tapi kadang juga ada yang gak pernah sampai. Mungkin ada versi bantuan sosial yang pakai layanan ojek online, jadi bantuan langsung antar ke depan rumah biar nggak lagi nyasar atau salah kirim.

Sekian. Terima kasih.

3. Contoh Stand Up Comedy tentang Perceraian

Halo semuanya, apa kabar? Kali ini kita mau membahas topik yang agak berat sedikit nih, yaitu tentang perceraian. Cerai itu kayak nonton sinetron, drama dijamin bakal nempel terus sampe bosen.

Saking seringnya drama, kadang jadi bosen sendiri. Pernikahan itu kayak naik roller coaster, ada pasang surutnya, tapi perceraian itu kayak duduk di kursi roda yang nggak mau berhenti muter.

Dan jangan salah, ada yang bilang perceraian itu kayak minum obat. Tetap harus dilalui dan dijalani meski pahit. Tapi percaya deh, layaknya orang sakit yang minum obat, pasca perceraian luka dan sakit itu perlahan bisa sembuh.

Sedih sih, tapi ada yang bilang hidup itu seperti sepakbola, kadang harus melepas pemain bintang untuk memperkuat tim. Perceraian itu kayak makan sambal pedas, mulanya enak, tapi lama-lama pedasnya nyampe ke hati.

Tapi tenang, ada juga yang bilang perceraian itu kayak pelajaran matematika, banyak faktor dan variabel yang harus dipecahkan. Jadi, perceraian bukan hanya karena factor salah satu pasangan, tapi banyak hal yang jadi penyebabnya.

Oleh sebab itu, untuk mencegah perceraian itu perlu komitmen kedua belah pihak. Cinta saja tidak cukup untuk membuat pernikahan harmonis dan mencegah perceraian terjadi. Pernikahan memang gampang-gampang susah guys.

Dalam pernikahan, layaknya mobil tetap butuh perawatan. Sesama pasangan harus saling merawat jalinan komunikasi, cinta, dan kasih sayang. Ya, meski tak terhindarkan, perceraian kadang harus terjadi.

Seperti saat kita menemukan sepatu favorit yang terlalu sempit, terkadang memang lebih baik melepaskannya agar kita bisa berjalan dengan lebih nyaman. Tapi sejauh ini, aku masih belum nemu rumus yang pas buat 'menyembuhkan luka hati setelah perceraian', mungkin ada yang punya tips? Hehehe.

Terima kasih ya, semoga kita semua jauh dari perceraian. Oh iya, jangan lupa, perceraian itu kayak buku yang sudah selesai dibaca, mungkin sedih karena udah tamat, tapi yang penting, kita selalu punya kesempatan untuk buka buku baru.

4. Contoh Materi Stand Up Comedy Tema Korupsi

Halo semuanya, perkenalkan, nama saya Dodo. Kali ini aku mau bahas nih perihal korupsi yang sudah mengakar di kehidupan bernegara. Menurutku, korupsi tuh kayak penyakit kambuhan yang gak pernah bener-bener hilang, kayak jerawat yang gede banget di hidung.

Pernah dengar nggak, ada pejabat yang kerja di perpajakan tapi mengelak dari pajak? Ada yang gemar pamer harta misal mobil, sepatu, dan tas. Tapi giliran dicurigai korupsi ngakunya mobil yang dipamerkan bukan mobil sendiri, tas dan sepatu branded miliknya cuma KW.

Ada yang ngaku miskin tapi asetnya ternyata dimana-mana. Bicara soal korupsi, gak ada habisnya ya. Ada proyek fiktif, yang cuma ada di atas kertas, tapi uangnya udah lari ke kantong koruptor.

Jadi proyeknya cuma ada di atas kertas, tapi kalau nyari di lapangan nggak ada. Dan yang paling menyebalkan, kasus korupsi itu kayak pemandangan jalan berlubang. Sudah tahu bahaya, tapi tetap aja dibiarkan begitu saja.

Banyak janji perbaikan tapi kok ya gak ada tindakan nyata. Kayak janji ketemu mantan, cuma ada di chat doang. Kadang kurasa korupsi itu seperti mantan yang selalu muncul di masa lalu kita.

Walaupun kita udah putus, dia tetap aja sering muncul dan membayang-bayangi hidup kita. Sama kayak korupsi, udah diusut tapi tiba-tiba muncul lagi di tempat yang sama, bikin kita jadi dejavu terus.

Ada-ada aja! Korupsi itu mirip jaring laba-laba, semakin besar jaringnya, semakin banyak mangsanya. Tapi sayangnya, yang kena jaring itu bukan lalat-lalat, tapi uang rakyat.

Lagi-lagi rakyat yang jadi korban kerakusan segelintir orang. Well, semoga suatu hari nanti, kita bisa menikmati berita yang bukan soal korupsi tapi tentang pejabat yang jujur dan berintegritas. Terima kasih. Mari kita tanamkan sifat jujur dan jauh dari korupsi.

5. Contoh Materi Stand Up Comedy Singkat tentang Sekolah

Sekolah memang belum lengkap kalau belum dikasih PR. Tapi, aku suka malas ngerjain PR. Akhirnya aku ngerjainnya di sekolah, berangkat pagi-pagi biar bisa ngerjain di sana.

Yang bikin kesal, teman yang nyontek nggak dikasih contekan, dia bilang aku pelit. Aku ngasih contekan, eh nilai dia malah lebih tinggi dari aku, jadi malu sendiri. Dulu ada tugas LKS, gue ngerjainnya cepat dan nulis 'harga eceran Rp50.000', eh malah dimarahin guru.

Kalo ada remidi, kadang soalnya lebih susah dari soal utamanya, seperti balapan antara driver Gojek dengan Valentino Rossi. Upacara hari Senin dulu sering dibatalkan kalo lapangan sekolahnya becek.

Jadi seneng kalo hari Minggu hujan, harapannya lapangan becek. Tapi kalo nggak hujan, tapi lapangan tetap kering, masih ada harapan kalo pagi gerimis. Sebelum UN, teman-teman pada nyatet bocoran, aku nggak ikut patungan.

Ada yang nulis bocoran di mushola, gokil banget kan? Waktu UN, awalnya aku anteng, lama-lama nyontek juga, dengan kode-kode khusus yang bikin pengawas jadi bingung. Gimana nggak, ada yang pegang alis kalau jawabannya A, ada yang ngitung kancing juga.

Sekian, terima kasih.

Itulah ulasan mengenai contoh teks stand up comedy terlucu. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik