Presiden Macron Disebut Tunjuk Michel Barnier Jadi Perdana Menteri Prancis

Presiden Macron Disebut Tunjuk Michel Barnier Jadi Perdana Menteri Prancis

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 20:04
share

PARIS, iNews.id Presiden Prancis Emmanuel Macron dikabarkan telah menunjuk mantan Menteri Luar Negeri Michel Barnier sebagai perdana menteri baru negara itu. Kabar tersebut diungkapkan oleh lembaga penyiaran Prancis, BFMTV, Kamis (5/9/2024), dengan mengutip kantor kepresidenan.

Pada pertengahan Juli, Macron menerima pengunduran diri Perdana Menteri Gabriel Attal menyusul kekalahan partai politik sang presiden dalam pemilu. Sejak saat itu, Prancis praktis tidak memiliki kabinet baru selama 49 hari.

Koalisi NFP berhaluan kiri memenangkan pemilihan anggota parlemen yang digelar pada 7 Juli lalu. Partai itu memperoleh 182 kursi dari 577 kursi Majelis Nasional (DPR Prancis).

Sementara aliansi Ensemble yang berhaluan tengah yang dipimpin Macron berada di urutan kedua dengan 161 kursi. Di posisi ketiga, ada National Rally yang berhaluan kanan keras dan anti-Islam dengan 142 kursi.

Berdasarkan hasil tersebut di atas, tidak ada satu pun partai atau koalisi yang memperoleh minimal 289 kursi sebagai mayoritas absolut untuk mengendalikan Parlemen Prancis yang terdiri atas 577 kursi. Hal itu dapat menimbulkan kebuntuan politik di antara tiga kekuatan utama di lembaga legislatif itu.

Topik Menarik