PM Anwar Ibrahim Sebut Malaysia Siap Jalin Hubungan Spesial dengan Rusia

PM Anwar Ibrahim Sebut Malaysia Siap Jalin Hubungan Spesial dengan Rusia

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 17:13
share

VLADIVOSTOK, iNews.id – Malaysia siap menawarkan hubungan spesial kepada Rusia. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, hari ini.

“Rusia tidak boleh merasa bahwa kami terpengaruh oleh pendapat orang lain... Ada hubungan khusus yang ingin ditawarkan Malaysia kepada Rusia,” kata Anwar dalam sesi pleno Forum Ekonomi Timur (EEF) di Vladivostok, Timur Jauh Rusia, Kamis (5/9/2024).

Kepala pemerintahan negeri jiran Indonesia itu menegaskan, Malaysia tidak ikut-ikutan memberikan sanksi terhadap Moskow seperti yang dilakukan beberapa negara sehubungan dengan perang Rusia-Ukraina. Kuala Lumpur, kata dia, juga tidak terlibat dalam konfrontasi dengan kekuatan ekonomi mana pun.

“Kami fokus pada kawasan-kawasan ekonomi di negara (Malaysia) ini, dan perusahaan-perusahaan Rusia (dipersilakan untuk bekerja sama),” ujar Anwar seperti 

EEF dimulai pada Selasa (3/9/2024) lalu dan akan berlangsung hingga Jumat (6/9/2024) besok. Forum tersenut diselenggarakan oleh Universitas Federal Timur Jauh di Kota Vladivostok, yang terletak di kawasan pesisir Pasifik Rusia.

Topik Menarik