Berkas Pencalonan Pilkada Jakarta Belum Lengkap, Ridwan Kamil: Saya Belum Dikabari

Berkas Pencalonan Pilkada Jakarta Belum Lengkap, Ridwan Kamil: Saya Belum Dikabari

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 16:59
share

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) di Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil angkat bicara soal pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta yang menyebut belum ada pasangan calon yang memenuhi syarat dalam berkas administrasi. Ia mengaku belum dikabari terkait kelengkapan berkas dari KPU Jakarta.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyampaikan bahwa persyaratan dirinya sebagai Bacagub sebelumnya diurus oleh tim pasangan calon. Ia mengaku tidak mengetahui berkas apa saja yang belum dilengkapi.

"Saya pribadi belum dikabari mana yang kurang, karena saya setiap hari disodorin dokumen yang saya tandatangan," kata Kang Emil di kawasan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

Kendati demikian, ia memastikan akan segera menindaklanjuti soal hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Jakarta. Kang Emil berkelakar jika dirinya meyakini dokumen pendaftarannya itu sudah lengkap sebelumnya.

"Perasaan mah sudah (selesai) ya karena enggak ada ajuan-ajuan lagi, nggak tahu Pak Suswono. Tapi kalau dirasa enggak lengkap saya nanti tanyakan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, KPUD Jakarta Wahyu Dinata menyebut, persyaratan tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta seluruhnya belum memenuhi syarat. "Secara garis besar kami menyampaikan bahwa ketiga pasangan calon masih belum memenuhi syarat dan harus melakukan perbaikan untuk 3 hari ke depan," kata Wahyu.

Ia menuturkan, kekurangan persyaratan misalnya, keterangan tidak sedang pailit salah satu paslon yang masih kurang. Lalu latar belakang pas foto yang masih tidak sesuai dan penggunaan gelar akademik yang belum bisa dibuktikan dengan ijazah terakhir pasangan calon.

"Terus ada tanda terima laporan kekayaannya juga masih belum disetorkan. Terus surat keterangan tidak mempunyai tunggakan pajak juga belum ada," katanya.
 

Topik Menarik