9 Tips Mengatasi Radang Sendi, Bisa Dilakukan di Rumah!

9 Tips Mengatasi Radang Sendi, Bisa Dilakukan di Rumah!

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 12:00
share

RADANG Sendi merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa radang sendi muncul dalam berbagai bentuk.

Nyeri sendi atau Artritis merujuk berbagai kondisi yang menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada sendi. Beberapa jenis radang sendi yang paling umum adalah asam urat, reumatoid artritis, dan osteoartritis. Jika radang sendi parah, persendian bisa menjadi bengkok, sehingga sulit untuk bergerak atau menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Gejala utama radang sendi meliputi kekakuan, pembengkakan, rentang gerak yang terbatas, dan rasa sakit pada sendi.

Melansir dari Asiaone, Kamis (5/9/2024) ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena radang sendi, meliputi:

1. Riwayat keluarga

Jika ada anggota keluarga dengan riwayat radang sendi, Anda mungkin lebih berisiko terkena karena faktor genetik.

2. Usia

Bertambahnya usia seseorang, semakin besar resiko terkena bebagai jenis radang sendi. Juga perubahan pada tubuh seiring bertambahnya usia, membuat seseorang lebih mungkin mengalami masalah dan nyeri sendi.

3. Jenis kelamin

Pria maupun wanita lebih rentan terhadap jenis radang sendi tertentu, seperti asam urat atau rheumatoid arthritis.

4. Cedera Sendi Sebelumnya

Cedera pada sendi dapat meningkatkan risiko mengembangkan radang sendi di sendi tersebut. terutama melalui aktivitas dan olahraga yang berdampak lebih tinggi.

5. Obesitas

Berat badan berlebih dapat memberikan tekanan tambahan pada sendi, yang dapat menyebabkan risiko radang sendi.

Meskipun radang sendi tidak dapat disembuhkan, namun ada beberapa metode untuk mengatasi nyeri sendi demi kualitas hidup yang lebih baik. Diantaranya:

1. Suplemen glukosamin

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa glukosamin dapat membantu meredakan rasa sakit osteoartritis.

2. Akupunktur

Metode tradisional Cina ini menggunakan jarum halus yang dimasukkan pada titik tertentu di kulit untuk mengurangi rasa sakit. Akupunktur mungkin memerlukan beberapa minggu untuk menunjukkan hasil yang signifikan.

3. Pijat

Pijat yang dilakukan oleh terapis terlatih dapat meningkatkan aliran darah ke area yang terkena dan meredakan rasa sakit sendi. Gerakan pijat seperti menguli dan menyentuh ringan dapat membawa aliran darah ke sendi yang hangat, serta membantu meringankan rasa sakit sementara.

4. Menghindari merokok

Tembakau melepaskan racun yang menyebabkan tekanan pada persendian, yang dapat meningkatkan rasa sakit yang dialami akibat radang sendi. berhenti merokok adalah salah satu cara untuk mengurangi nyeri radang sendi secara permanen.

Topik Menarik