Paus Fransiskus Gunakan Innova Zenix, Gak Ditawari Pakai Mobil Listrik?

Paus Fransiskus Gunakan Innova Zenix, Gak Ditawari Pakai Mobil Listrik?

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 12:05
share

JAKARTA - Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus , berkunjung ke Indonesia untuk memimpin perayaan Misa akbar yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Kamis (5/9/2024).

Selama di Indonesia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid untuk mobilitas harian. Ia juga menumpang Maung MV3 modifikasi untuk digunakan di GBK. Berstatus sebagai tamu VVIP, kenapa Paus Fransiskus tidak menggunakan kendaraan listrik seperti petinggi negara lain saat berkunjung ke Indonesia?

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko mengatakan, status Paus Fransiskus sama seperti pemimpin negara ketika berkunjung ke Indonesia. Karena itu, sejumlah protokol ketat diperlukan, termasuk kendaraan yang akan digunakannya.

"Aku belum tahu persis pastinya karena tidak terlibat dalam kepanitiaan, tapi Paus itu perlakuannya sama dengan RI 1, sama dengan kepala pemerintahan," kata Moeldoko di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Jadi pendekatan pengamanannya VVIP. Jadi harus dipikirkan safety-nya, semuanya harus dipikirkan dengan baik," lanjutnya.

Belum diketahui apakah Innova Zenix yang digunakan oleh Paus Fransiskus telah dimodifikasi menjadi kendaraan antipeluru seperti yang dimiliki presiden dan pemimpin negara lain. Namun, jika melihat sekilas, Innova Zenix yang digunakan merupakan versi standar atau sama seperti yang dijual bebas.

"Sepertinya (hanya pakai Zenix dan Maung-red). Terus juga tergantung dengan permintaan beliaunya juga, meminta mobil yang sederhana. Jadi semua diperhitungkan," ucap Moeldoko.

Sebagai informasi, saat ini Presiden RI Joko Widodo masih menggunakan mobil konvensional, Mercedes-Benz S600 Guard yang sudah dilengkapi antipeluru. Terlihat, mobil tersebut juga mengawal Paus Fransiskus saat melakukan mobilitas di jalanan Jakarta.

Topik Menarik