Penjualan Terus Anjlok, Perusahaan Induk KTM PHK Ratusan Karyawan

Penjualan Terus Anjlok, Perusahaan Induk KTM PHK Ratusan Karyawan

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 11:51
share

JAKARTA - Perusahaan induk KTM , Pierer Mobility, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan. Hal ini dilakukan gara-gara penjualan produsen asal Austria itu menurun sepanjang 2024.

Melansir MCN, Kamis (5/9/2024), kinerja keseluruhan Pierer Mobility pada paruh pertama 2024 menurun signifikan dan jauh lebih buruk ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, diprediksi penjualan mereka akan menurun sekitar 15 persen pada 2024.

Sebagai informasi, Pierer Mobility adalah perusahaan induk bagi beberapa merek otomotif ternama. Perusahaan yang dipimpin oleh Stefan Pierer tersebut menjadi rumah bagi KTM, Husqvarna, GasGas, dan WP Suspension. Pierer Mobility juga merupakan pemilik 50,1 persen saham motor Italia, MV Agusta.

Imbas hal tersebut, sebanyak 200 karyawan Pierer Mobility harus kehilangan pekerjaannya pada kuartal ketiga tahun ini. Sementara 373 karyawan sudah diberhentikan sejak awal tahun ini. Itu dilakukan bersamaan dengan meningkatnya migrasi manufaktur mereka ke India dan China.

Saat ini, jumlah karyawan Pierer Mobility mencapai 6.024 orang, dengan tambahan 213 staf dari merek MV Agusta yang baru saja mereka akuisisi saham mayoritasnya. Ini membutuhkan modal besar untuk memberi gaji kepada ribuan karyawan tersebut.

Soal penjualan motor, Pierer Mobility mengakui pasar global saat ini penuh dengan tantangan. Penjualan Pierer Mobility terbesar masih datang dari pasar Eropa dan India. Sementara pasar mereka di Amerika Utara, Australia, dan China mengalami penurunan.

Diketahui, Pierer Mobility juga membutuhkan biaya besar setiap tahunnya untuk operasional mereka di ajang MotoGP. Saat ini, Pierer Mobility berpartisipasi di ajang balap motor ternama di dunia tersebut melalui merek KTM dan GasGas.

Topik Menarik