Tingkatkan Ekosistem Kendaraan Listrik, EV Conference 2024 Bakal Digelar di Bali

Tingkatkan Ekosistem Kendaraan Listrik, EV Conference 2024 Bakal Digelar di Bali

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 11:27
share

JAKARTA - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) akan menggelar Periklindo Electric Vehicle (EV) Conference 2024. Acara yang akan digelar di Bali, pada 12-13 September ini untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Periklindo berkomitmen memajukan industri kendaraan listrik di Indonesia. Periklindo berupaya memperkuat ekosistem EV melalui berbagai inisiatif berkelanjutan, seperti mendorong adopsi kendaraan listrik, pengembangan infrastruktur pengisian daya, serta kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko mengatakan, kendaraan listrik menjadi solusi pasti untuk mengatasi masalah polusi udara di Indonesia. Pasalnya, kendaraan tersebut tidak menghasilkan emisi sehingga dapat membuat kualitas udara semakin baik.

"Kami percaya bahwa kendaraan listrik adalah kunci untuk masa depan mobilitas yang berkelanjutan di Indonesia. Melalui Periklindo EV Conference 2024, kami berharap dapat mengumpulkan para ahli dan pelaku industri untuk bersama-sama merumuskan strategi dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan industri EV saat ini," kata Moeldoko di Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Periklindo gelar EV Conference (Fadli Ramadan)

Ajang ini akan mempertemukan para pemangku kepentingan yang dapat meningkatkan ekosistem kendaraan listrik, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Diyakini, itu akan memperkuat perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Dengan komposisi pembicara dan tamu yang akan hadir dalam konferensi ini, menunjukkan betapa seriusnya Indonesia dalam menggarap potensi industri kendaraan listrik sebagai bagian dari transformasi ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan," ucap Sekretaris Jenderal Periklindo, Tenggono Chuandra Phoa.

 

Moeldoko menegaskan, seluruh pihak terkait saat ini sudah berusaha keras untuk meningkatkan ekosistem kendaraan listrik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

"Semua pihak sudah berusaha melakukan, PLN berusaha menambah banyak SPKLU. Dunia usaha juga menyusun untuk bergabung membangun SPKLU baik itu Swap ataupun stasiun, tapi masih dirasakan kurang," ujarnya. 

"Dengan konferensi ini kita semua berharap bahwa ekosistem EV betul-betul terjadi dengan baik di Indonesia," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Presiden itu.

Topik Menarik