Jokowi: Jangan Ragukan Komitmen Indonesia Capai Nol Emisi Karbon

Jokowi: Jangan Ragukan Komitmen Indonesia Capai Nol Emisi Karbon

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 10:50
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan Indonesia berkomitmen dalam mencapai net zero emission. Menurutnya semua pihak tidak perlu meragukan komitmen tersebut.

"Jangan meragukan komitmen Indonesia dalam mencapai net zero emission dan berkontribusi bagi dunia yang lebih jauh," kata Jokowi dalam sambutannya pada Opening Ceremony Indonesia International Sustainability Forum (IISF), di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Indonesia, lanjut dia, memiliki potensi energi hijau yang melimpah mencapai lebih dari 3600 Gigawatt. Indonesia juga memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung di Waduk Cirata, dengan kapasitas 192 Megawatt peak (MWp). PLTS tersebut terbesar di Asia Tenggara, dan terbesar ketiga di dunia.

"Indonesia juga memiliki potensi besar dalam penyerapan karbon. Hutan mangrove kami, hutan mangrove Indonesia itu terbesar di dunia, seluas 3,3 juta hektare. Yang mampu menyerap karbon 8 sampai 12 kali lebih baik dibandingkan hutan hujan tropis. Ini yang banyak orang tidak tahu," kata Jokowi.

"Indonesia memiliki Kawasan Industri Hijau seluas 13000 hektare. Ini juga salah satu yang terbesar di dunia," tambahnya.

Topik Menarik