Kenang Momen Bersama Faisal Basri, Didik Rachbini: Sosok yang Idealis dan Sangat Berintegritas

Kenang Momen Bersama Faisal Basri, Didik Rachbini: Sosok yang Idealis dan Sangat Berintegritas

Terkini | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 09:32
share

JAKARTA - Ekonom Senior Indef Didik J Rachbini mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Ekonom senior sekaligus pendiri Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri pada pukul 03.50 WIB hari ini, Kamis (5/9/2024).

Kita kehilanngan Faisal Basri, Ekonom pendiri Indef sudah dikenal luas, sosok yang idealis dan sangat berintegritas. Faisal sering dipandang sebagai sosok yang idealis, dengan prinsip yang kuat mengenai bagaimana ekonomi dan politik harus dikelola demi kepentingan public, ujarnya, Kamis (5/9/2024).

Didik J Rachbini mengungkapkan momen kebersamaanya dengan Faisal Basri. Ia menyebut Faisal Basri adalah sosok yang tegas dan berani dalam memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan dalam ekonomi dan politik Indonesia.

Meskipun tidak menduduki jabatan formal di partai atau pemerintahan, Kiprahnya baik sebagai akademisi maupun aktivis ekonomi-politik telah memberikan dampak besar dalam mendorong reformasi dan perbaikan kebijakan dan demokrasi secara luas di Indonesia.

Pandangan Faisal dengan saya tidak berbeda, kesamaan pandangan dalam hal kemandirian analisis ekonomi dan keinginan mendorong reformasi ekonomi yang lebih adil dan pro-rakyat. Tetapi Faisal lebih berani, gamblang dan terus terang sehingga tidak aneh seperti politisi kancil Muhaimin Iskandar yang berada di dalam koalisi pada periode 1 pemerintahan Jokowi menyesalkan demokrasi yang absen opposisi, tambahnya.

Topik Menarik