Viral Ratusan Ekor Ikan Naik ke Pantai di Pesawaran, BMKG: Bukan Tanda Bahaya

Viral Ratusan Ekor Ikan Naik ke Pantai di Pesawaran, BMKG: Bukan Tanda Bahaya

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 08:19
share

PESAWARAN, iNews.id - Video memperlihatkan ratusan ekor ikan naik ke dataran viral di media sosial. Peristiwa ini terjadi di Pantai Klara, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Dalamvideo viral yang diunggah akun TikTok @iyaydoy menayangkan penampakan ratusan ikan mati berada di pesisir pantai dan berlompatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Eka Suci Puspita W saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Kejadian ini merupakan fenomena upwelling yakni suatu kondisi saat adanya pergerakan secara vertikal massa air laut dari lapisan bawah ke lapisan permukaan.

"Itu peristiwa Upwelling, naiknya massa air dari lapisan bawah ke permukaan perairan sehingga menyebabkan peningkatan jumlah ikan yang naik ke permukaan hingga ke pesisir pantai," ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Eka menuturkan, menurut penelitian, peristiwa upwelling sering terjadi di musim timur (musim kemarau) sekitar bulan Agustus-September.

"Upwelling ini tidak hanya terjadi di Lampung. Di perairan Banten juga terjadi dan tidak ada kaitan dengan pertanda bahaya apa pun," ucapnya.

Topik Menarik