Alquran dan Sains Ungkap Gunung Meletus Pertanda Kiamat, Ini Prosesnya

Alquran dan Sains Ungkap Gunung Meletus Pertanda Kiamat, Ini Prosesnya

Terkini | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 08:45
share

ALQURAN dan sains mengungkapkan jelas terjadinya gunung meletus menjadi pertanda kiamat. Gunung meletus memang menjadi salah satu tanda terjadinya kiamat kecil (sugra).

Gunung diketahui memiliki fungsi sebagai pasak bumi. Letusan gunung berapi sendiri merupakan bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah erupsi.

Bahaya letusan gunung berapi dapat berupa awan panas, lontaran material (pijar), hujan abu lebat, lava, gas racun, tsunami, dan banjir lahar.

Dijelaskan dalam buku "Sains Berbasis Alquran" karya Ridwan Abdullah Sani, pada hari kiamat yang sesungguhnya, keadaan akan lebih dahsyat. 

Gunung berapi akan meletus secara serentak saat gunung-gunung di bumi meletus, kemudian muncul muntahan lahar yang sangat panas.

Peristiwa letusan gunung berapi sebagai tanda kiamat telah disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dijelaskan lahar akan berpencar ke penjuru bumi dan mengenai seluruh makhluk hidup.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

Artinya: "Allah menggambarkan dahsyatnya hari kiamat melalui dua hal, yaitu keadaan manusia dan gunung-gunung. Pada hari kiamat itu manusia seperti laron yang beterbangan. Mereka berlarian tidak tentu arah, kacau balau, dan tidak lagi menghiraukan sekelilingnya. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS Al Qari'ah: 4–5) 

Topik Menarik