Mengenal Kaskus, Platform Komunitas Populer Indonesia yang Berjaya di Masanya

Mengenal Kaskus, Platform Komunitas Populer Indonesia yang Berjaya di Masanya

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 11:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kaskus kembali menjadi perbincangan netizen di media sosial (medsos). Sebenarnya apa itu Kaskus dan sejarah berdirinya

Akun Kaskus lama diduga milik Gibran menjadi perbincangan netizen. Berbicara soal Kaskus, platform ini memang sempat populer di zamannya. Bagi generasi terkini, mungkin masih ada yang belum tahu dengan platform tersebut.

Apa Itu Kaskus

Kaskus adalah situs forum komunitas maya Indonesia. Pengguna Kaskus pada umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisilis di Indonesia atau luar negeri.

Konon, Kaskus merupakan singkatan dari Kasak Kusuk. Bermula dari hobi, platform komunitas ini kini semakin berkembang.

Sejarah Kaskus

Dikutip dari situs Kaskus, Kaskus didirikan pada 6 November 1999 oleh tiga pemuda Indonesia yang belajar di Seattle, Amerika Serikat yakni Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.

Pada awalnya, platform Kaskus dibuat untuk tugas kuliah mereka. Platform dirancang untuk mengobati rasa rindu mahasiswa Indonesia di luar negeri terhadap Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.

Pada 2006, Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs besar Indonesia. Sejak itulah alamat situs Kaskus berubah menjadi kaskus.us, yang mengartikan Kaskus adalah kita.

Pada 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan mengelola Kaskus secara profesional. Situs Kaskus, personel dan infrastruktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun itu.

Di Indonesia, kantor Kaskus pertama berlokasi di daerah Mangga Besar, dibantu dengan 2 orang tenaga profesional. Di bawah naungan PT. Darta Media Indonesia, langkah pertama yang dilakukan Kaskus yakni melakukan rebranding.

Pada 2009 kantor Kaskus berpindah ke daerah Melawai. Di tahun yang sama Kaskus menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. Bahkan menurut Alexa, Kaskus masuk peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia.

Pada 2011 Kaskus bermitra dengan Global Digital Prima, perusahaan Indonesia yang berfokus mengembangkan industri digital dan konten lokal Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan lebih besar lagi, baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional & jaringan bisnisnya dalam usaha menjadi situs lokal nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di dunia.

Kaskus akhirnya kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id pada 26 Mei 2012. Langkah ini diambil untuk memperkuat citra sebagai situs yang bervisi global, tapi tetap memiliki identitas Indonesia.

Topik Menarik