10 Fakta Xinjiang Jarang Diketahui, Kampung Muslim di Negeri Tirai Bambu

10 Fakta Xinjiang Jarang Diketahui, Kampung Muslim di Negeri Tirai Bambu

Terkini | okezone | Senin, 2 September 2024 - 07:32
share

10 FAKTA Xinjiang jarang diketahui bakal dikupas dalam artikel kali ini. Xinjiang merupakan salah satu provinsi di China. Provinsi yang penuh misteri serta keunikannya. 

Provinsi ini rumah bagi kaum muslim minoritas di China yang juga menyimpan banyak sejarah sehingga membuatnya tetap eksis hingga saat ini. 

Melansir Far West China, provinsi yang penuh misteri ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, namun dapat juga menakutkan bagi sebagian yang lain. Berikut Okezone telah merangkum 10 fakta menarik Xinjiang yang jarang diketahui.

10 fakta Xinjiang jarang diketahui

1. Menggunakan dua zona waktu berbeda
Xinjian secara resmi menggunakan zona waktu Beijing. Namun, kota ini memiliki zona waktu sendiri yang disebut 'Waktu Xinjiang'.  

Pada tahun 1949, China terbagi menjadi beberapa zona waktu. Namun setelah China bersatu di bawah Mao Zedong pada tahun 1949, seluruh zona waktu dihapus dan hanya menyisakan satu zona waktu untuk seluruh kota di China, yaitu Waktu Beijing.

Anda akan menemukan banyak penduduk setempat yang menyetel jam mereka ke 'Waktu Xinjiang', meskipun semua kegiatan resmi berjalan pada 'Waktu Beijing'. 

(Foto: Instagram/@visit_xinjiang)

2. Wilayah sangat luas melebihi kota besar di Eropa
Sulit untuk menyadari seberapa luasnya Provinsi Xinjiang. Kota-kota besar di Eropa dapat masuk ke Xinjiang, seperti Prancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris. Xinjiang sangatlah luas dari apa yang Anda bayangkan. 

3. Menyukai rekor dunia
Xinjiang sangat optimis soal rekor dunia. Provinsi ini sangat peduli terhadap pencapaian internasional, dan akan mengalahkan rekor dengan rekor yang baru. 

Jika negara lain membuat sebuah rekor, Xinjiang akan membuat rekor lain yang tak akan kalah dari rekor yang negara sebelumnya capai. 

4. Punya banyak bandara
Xinjiang memiliki 22 bandara, terbanyak di antara wilayah atau provinsi lain di China. Tidak semua bandara ini mengangkut penumpang setiap hari atau setiap pekan, namun bandara-bandara ini ada dan tetap beroperasi. 

 

5. Berbatasan dengan 8 negara
Xinjiang berbatasan dengan lebih banyak negara daripada wilayah lain di Tiongkok. Negara-negara ini meliputi; Mongolia, Rusia, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Afghanistan, Pakistan dan India. 

6. Rumah bagi pangkalan uji nuklir China
Didirikan pada bulan Oktober 1959, wilayah Lop Nur di Xinjiang di sebelah timur Gurun Taklamakan yang luas menjadi rumah bagi 45 uji coba nuklir hingga tahun 1996. 

Pangkalan Uji Coba Nuklir Lop Nur mencakup area seluas 100.000 kilometer persegi, yang menjadikannya pangkalan uji coba terbesar di dunia dengan faktor hampir 20.

Untungnya pengujian telah dihentikan, namun China membuat berita beberapa tahun lalu ketika mereka mengumumkan berinvestasi untuk menjadikan pangkalan itu sebagai taman hiburan. Namun entah bagaimana kelanjutan rencana tersebut. 

(Foto: Instagram/@visit_xinjiang)

7. Penduduk hobi makan buah
Cara mengatakan hal satu ini adalah bahwa penduduk Xinjiang makan lebih banyak buah per kapita dibandingkan wilayah lain di China.

Tidak mengherankan kota ini juga menjadi penghasil buah terbanyak di China. Dari apel Yili hingga melon Hami, pir Korla hingga anggur Turpan, setiap sudut provinsi Xinjiang memiliki buah istimewanya sendiri. Iklim di sini sangat cocok untuk menanam buah. 

8. Rumah bagi spot ekstrem di dunia
Tidak ada tempat lain di China yang memiliki titik-titik ekstrem seperti Xinjiang. Xinjiang tidak hanya merupakan rumah bagi K2 (gunung yang berbatasan dengan China dan Pakistan), yang merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia, namun juga memiliki Depresi Turpan, yang merupakan titik terendah ke-2 di dunia. Turpan juga merupakan salah satu tempat terpanas di dunia, dengan suhu mencapai 50 derajat celsius atau lebih 120 derajat fahrenheit. 

 

9. Sering jadi lokasi syuting film
Film Kite Runner, yang diangkat dari novel terlaris, awalnya memutuskan untuk syuting di Afghanistan, namun sang produser mengatakan akan terlalu berisiko. 

Jadi, mereka memilih kota Kashgar di Xinjiang untuk jadi pengganti desa-desa tua di Afghanistan. Hampir seluruh adegan film difilmkan di Kashgar, dan sutradara kemudian mengatakan bahwa satu-satunya hal yang perlu mereka ubah adalah rambu-rambu, yang tidak sesuai dengan 'Afghanistan asli'. 

10. Mitos monster 'Loch Ness'
Kebanyakan orang pernah mendengar tentang monster 'Loch Ness' yang terkenal, tetapi sedikit yang tahu bahwa Xinjiang memiliki salah satu makhluk laut yang legendaris juga loh.

Di Danau Kanas, sebuah taman yang indah di ujung utara Xinjiang dekat perbatasan Rusia, penduduk setempat percaya bahwa ada makhluk besar yang tinggal di sana. Setiap beberapa tahun ada saja video buram yang menampakkan makhluk tersebut di Danau Kanas.

Sementara ilmuwan Tiongkok telah mencoba mencari tahu spesies hewan tersebut namun tidak menghasilkan banyak kemajuan. Mayoritas orang setuju bahwa itu mungkin adalah 'Taimen' yang sangat besar, spesies ikan asli Mongolia yang dapat tumbuh hingga ukuran luar biasa. 

Topik Menarik