5 Makanan yang Wajib Anda Makan kalau Ingin Kulit Cerah

5 Makanan yang Wajib Anda Makan kalau Ingin Kulit Cerah

Terkini | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 17:29
share

KULIT bersih dan berseri tidak hanya bergantung pada produk yang Anda gunakan, tapi juga apa yang Anda makan. Pola makan Anda dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit Anda lebih dari yang Anda kira. 

Menambahkan makanan tertentu ke dalam menu harian Anda dapat membuat perbedaan besar pada tampilan dan rasa kulit Anda. Berikut adalah lima makanan terbaik yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih dan berseri, seperti dilansir dari Times of India.

Alpukat
Alpukat mengandung banyak lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan kenyal. Jenis lemak ini membantu menjaga lapisan alami kulit, mencegah hilangnya kelembapan, dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Alpukat juga mengandung antioksidan seperti vitamin E, yang melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, alpukat mengandung vitamin C, yang mendukung produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Buah beri
Buah beri seperti blueberry, stroberi, rasberi, dan blackberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kulit Anda. Buah beri mengandung kadar vitamin C yang tinggi, yang sangat penting untuk produksi kolagen, membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan awet muda.

Antioksidan dalam buah beri, seperti antosianin dan flavonoid, melindungi kulit Anda dari efek berbahaya stresor lingkungan dan mengurangi peradangan. Ini dapat membantu mengatasi masalah seperti jerawat dan kemerahan. Buah beri juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

Kacang dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond, kenari, biji chia, dan biji rami, mengandung banyak nutrisi penting yang membantu kulit tampak bersih. Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu mengurangi peradangan dan menjaga keseimbangan produksi minyak pada kulit. 

Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit yang rentan berjerawat. Makanan ini juga mengandung vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga tingkat kelembapannya. 

 

Ubi jalar
Ubi jalar kaya akan beta-karoten, sejenis antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan sel kulit dan mengurangi risiko masalah kulit seperti kulit kering dan kusam. Beta-karoten juga membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki penampilannya secara keseluruhan. 

Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan lobak Swiss, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Sayuran ini kaya akan vitamin A, C, dan K, yang berkontribusi pada perbaikan kulit, produksi kolagen, dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga mengandung klorofil, yang membantu detoksifikasi tubuh dan mendukung fungsi kulit yang sehat. Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran hijau membantu pencernaan, membantu membersihkan racun yang dapat memengaruhi penampilan kulit Anda.

Topik Menarik