Kemenag Latih 30 Calon Pakar Falak di Observatorium Bosscha agar Makin Mahir dalam Rukyatulhilal

Kemenag Latih 30 Calon Pakar Falak di Observatorium Bosscha agar Makin Mahir dalam Rukyatulhilal

Terkini | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:03
share

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) melatih 30 calon pakar falak di Observatorium Bosscha, Bandung, Jawa Barat. Mereka diberikan Bimbingan Teknis Hisab Rukyat pada 26–30 Agustus 2024. 

Kegiatan ini diikuti 30 calon pakar falak dari Pusat Observasi Bulan (POB) Sukabumi, POB Aceh, POB Yogyakarta, praktisi universitas dan pondok pesantren, serta berbagai daerah yang memiliki latar belakang keilmuan falak serta astronomi.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib mengatakan kerja sama dengan Observatorium Bosscha ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di bidang falak.

"Observatorium Bosscha adalah pusat ilmu astronomi terbesar di Asia Tenggara, dan kerja sama ini menunjukkan komitmen Kemenag untuk melahirkan pakar-pakar falak yang mumpuni. Kami berharap para peserta bimtek ini kelak menjadi ujung tombak dan mentor di daerahnya masing-masing dalam proses penentuan awal bulan Hijriah yang akurat dan ilmiah," ujarnya di Bandung, Senin 26 Agustus 2024, dikutip dari Kemenag.go.id

Ia menyebut Observatorium Bosscha sebagai institusi pendidikan telah banyak memberi kontribusi pengetahuan keastronomian, tidak hanya di Indonesia dan Asia, tapi juga di dunia.

"Banyak pakar falak lahir dari sini, sehingga kami berharap semua peserta setelah mengikuti kegiatan ini makin expert dalam hal rukyatulhilal," imbuhnya.

Dia menambahkan, setiap tahunnya Observatorium Bosscha menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah bagi Kemenag serta masyarakat umum.

"Bosscha menjadi mitra penting di setiap momen sidang isbat Kemenag sebagai sumber informasi terkait keberadaan hilal," paparnya. 

Topik Menarik