PLN UIP KLT Bangga, 3 Infrastruktur Kelistrikan Sukses Pasok Energi Hijau HUT RI di IKN

PLN UIP KLT Bangga, 3 Infrastruktur Kelistrikan Sukses Pasok Energi Hijau HUT RI di IKN

Terkini | balikpapan.inews.id | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 19:10
share

APAN, iNewsBalikpapan.id - Menjadi kebanggaan tersendiri, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) turut memberikan kontribusi nyata untuk perhelatan upacara kemerdekaan HUT ke-79 Republik Indonesia yang perdana dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN). PLN secara korporasi berkomitmen untuk menyiapkan energi listrik yang bersih, andal dan tanpa kedip pada momen bersejarah ini.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan pihaknya turut bangga bahwa PLN UIP KLT dapat ambil bagian dalam mendukung penyiapan energi listrik dalam hajat besar Upacara Kemerdekaan HUT ke-79 RI. 

“Alhamdulillah, PLN all out dalam mengawal kelistrikan dalam rangka perayaan HUT ke-79 RI di IKN yang pertama kali, PLN telah memberlakukan skema pengamanan berlapis guna menjaga keandalan kelistrikan venue utama dan pendukung kegiatan upacara HUT RI. Kesuksesan yang diraih itu proses persiapannya telah disiapkan sejak tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Raja.  

Diperhitungkan kebutuhan listrik selama rangkaian perhelatan upacara kemerdekaan sebesar 3 MW dan energi listrik yang digunakan 100 dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dimana energi yang tersedia sebesar 10 MW dari total 50 MW dan telah tersambung pada sistem Mahakam. 

Raja juga menambahkan, dalam upaya untuk memastikan suksesnya gelaran pesta kemerdekaan tersebut tiga proyek kelistrikan yang dibangun dan telah diselesaikan oleh PLN UIP KLT menjadi pintu utama distribusi energi listrik untuk IKN dari sistem kelistrikan Mahakam.

“Kami sangat bersyukur dan bangga bahwa segala kerja keras untuk menyediakan infrastruktur kelistrikan yang andal dan berteknologi pintar untuk IKN sampai hari ini dapat beroperasi dengan prima. Diantaranya Gas Insulated Swicthgear (GIS) 4 IKN, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Kariangau – Landing Point GIS 4 IKN, Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150kV Landing Point GIS 4 IKN – GIS 4 IKN,” jelas Raja.

PLN UIP KLT sebagai salah satu unit pembangunan, selalu mengusahakan yang terbaik dalam mendukung pelayanan pelanggan secara optimal khususnya dalam penyiapan infrastruktur ketenagalistrikan dengan berpegang prinsip pembangunan yang tepat mutu, biaya dan waktu. 

“Kesuksesan ini akan terus menjadi penyemangat kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat. Dimana saat ini PLN UIP KLT tengah menggeber pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk beberapa pelanggan tegangan tinggi serta perkuatan interkoneksi sistem Kaltim-Kaltara dan Kaltim-Kalsel. PLN siap mendukung program pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi dengan penyediaan pasokan energi listrik yang andal dan prima,” tutup Raja.

Topik Menarik