Kronologi Temuan Kapal Kuno di Pantai Lagoi Bintan, Reruntuhan Terlihat Usai Musim Hujan

Kronologi Temuan Kapal Kuno di Pantai Lagoi Bintan, Reruntuhan Terlihat Usai Musim Hujan

Terkini | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:47
share

BINTAN, iNews.id- Ekskavasi kapal kuno yang berasal dari abad ke-12 berada di Pantai Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dilakukan oleh tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia dan University of Napoli l'orientale Italia. Diduga kapal kuno ini oleh masyarakat setempat dikenal sebagai Kapal Lancang Kuning.

Untuk memastikannya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dari para peneliti sejarah. Kronologi penemuan luar biasa ini terungkap setelah musim hujan yang kuat pada 2016 memperlihatkan reruntuhan kapal.

Bangkai kapal kuno tersebut pertama kali ditemukan oleh staf Nirwana Gardens saat beristirahat di tepi pantai. Pihak Nirwana Gardens menindaklanjuti penemuan itu dan mendorong investigasi mendalam dari BRIN bersama University of Napoli l'orientale Italia.

Proyek penelitian yang bertema, Pengetahuan Pembuatan Kapal Indonesia yang Terancam Punah ini merupakan upaya kolaboratif yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Italia dan International Association of Mediterranean and Oriental Studies.

Inisiatif penelitian ini telah melibatkan investigasi arkeologi yang bersifat komprehensif di bawah air maupun darat. Kegiatan penggalian pasir telah dimulai di Pantai Mayang Sari, dekat area olahraga air mulai 30 Juli 2024.

"Kita sudah tiga mingguan. Karena di daerah pasang surut, ketika pasang, pasir masuk lagi. Jadi kita kayak mengulang lagi-mengulang lagi. Apalagi dua hari lalu hujan deras, jadi banyak pasir masuk lagi ke dalam," ujar Alqiz di lokasi, Sabtu (24/8/2024).

Dia menjelaskan, penelitian yang tengah berlangsung telah berhasil mengungkap bagian atas kapal kuno tersebut. Panjang kapal, kata dia sekita 23,4 meter dan lebar kapal sekitar 6 meter.

Dalam penelitian itu, pada lambung bangkai kapal ditemukan beberapa tembikar China, pecahan-pecahan tembikar, benda-benda kaca dan logam serta benda berbentuk koin.

Topik Menarik