Keren! Mahasiswa UNS Raih Juara Umum dalam Ajang Jamkopnas 2024

Keren! Mahasiswa UNS Raih Juara Umum dalam Ajang Jamkopnas 2024

Terkini | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 00:09
share

JAKARTA – Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam satu tim kejuaraan berhasil membawa pulang juara umum, dalam ajang Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) 2024 yang diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Sebelum menjadi juara umum, tim yang diketuai oleh Ratih, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2021 dan beranggotakan Ja’izah Nasywa, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2022, serta Hardani Ismu Nabil mahasiswa Prodi Matematika angkatan 2023 berhasil meraih Juara 1 di kategori essay, Juara 1 dan Juara Favorit untuk kategori creative short movie, serta Juara 3 dan Best speaker di kategori business plan.

Ratih mengatakan, bahwa Jamkopnas adalah lomba bertaraf nasional yang sangat bergengsi di antara Koperasi Mahasiswa (Kopma) se-Indonesia. Dirinya juga menceritakan bahwa untuk meraih juara di ajang tersebut, tim menghadapi banyak rintangan. 

“Kami menghadapi banyak rintangan ketika mempersiapkan kompetisi ini dikarenakan kami satu tim sendiri beranggotakan tiga orang dan harus membagi waktu untuk rapat dan koordinasi terkait ide masing-masing di saat jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) berlangsung. Tapi Alhamdulillah kami bisa melewatinya,” terang Ratih.

 

Dalam kesempatan final Jamkopnas, Ratih dan kawan-kawan berlatih sebaik mungkin untuk mempersiapkan presentasi dengan dan membuat prototype sederhana sebagai pembeda dari finalis lainnya. Ratih sendiri berfokus di kategori essay, Nasywa di kategori creative short movie  dan Ardan di kategori business plan. 

“Kami tidak menyangka langkah tersebut membawa kami untuk menjadi juara umum dan Alhamdulillah semua lomba yang kami pegang masing-masing per individu juga mendapatkan juara,” terangnya.

Jamkopnas sendiri adalah perlombaan rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh koperasi mahasiswa dibawah naungan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI). Acara ini digelar pada Rabu (31/7/2024) hingga Sabtu (3/8/2024) lalu. Terdapat peraturan dimana siapapun yang menjadi juara umum akan menjadi tuan rumah kompetisi tahun selanjutnya. 

“Berhubung tim kami perwakilan dari UNS berhasil meraih juara umum Jamkopnas tahun 2024, maka UNS akan menjadi tuan rumah untuk Jamkopnas tahun 2025,” pungkasnya.

Topik Menarik