Pengertian dan Contoh Ayat Qauliyah

Pengertian dan Contoh Ayat Qauliyah

Terkini | sindonews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:57
share

Berikut ini pengertian dan contoh ayat qauliyah? Ayat qauliyah adalah ilmu-ilmu Allah Taala dalam bentuk wahyu-Nya yang terdapat dalam al-Quran . Ayat qauliyah biasanya memuat tata aturan etika dan moral .

Syaikh Yusuf al-Qardhawi dalam " Malaamihu Al Mujtama' Al Muslim Alladzi Nasyuduh " mengatakan Al-Qur'an menjelaskan bahwa di dalam kitabnya yang tertulis ( Qauliyah ) yaitu Al-Qur'an dan kitabnya yang terlihat ( kauniyah ) yaitu alam semesta terdapat ayat-ayat (bukti kekuasaan) Allah untuk kaum yang berpikir, kaum yang berakal dan kaum yang berilmu.

Contoh ayat qauliyah adalah sebagai berikut:

1. Qaulan Sadida (perkataan yang benar)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar." ( QS. Al- Ahzab ayat 70)

2. Qaulan Marufa (perkataan yang baik)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Tidak ada dosa bagimu atas kata sindiran untuk meminang perempuan-perempuan atau (keinginan menikah) yang kamu sembunyikan dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka. Akan tetapi, janganlah kamu berjanji secara diam-diam untuk (menikahi) mereka, kecuali sekadar mengucapkan kata-kata yang patut (sindiran). Jangan pulalah kamu menetapkan akad nikah sebelum berakhirnya masa idah. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu. Maka, takutlah kepada-Nya. Ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun." ( QS. Al-Baqarah ayat 235)

3. Qaulan Layyina (perkataan yang lemah lembut)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Berbicaralah kamu berdua kepadanya (Firaun) dengan perkataan yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut. ( QS. Thaha ayat 44)

4. Qaulan Baligha (perkataan yang berbekas)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Mereka itulah orang-orang yang Allah ketahui apa yang ada di dalam hatinya. Oleh karena itu, berpalinglah dari mereka, nasihatilah mereka, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwanya. ( QS. An- Nisa ayat 63)

5. Qaulan Karima (perkataan yang mulia)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. ( QS. Al-Isra ayat 23)

6. Qaulan Maisura.(perkataan yang pantas)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Jika (tidak mampu membantu sehingga) engkau (terpaksa) berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang lemah lembut. ( QS. Al-Isra ayat 28)

7. Sabar

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu. ( QS. Ali Imran (3) : 200)

8. Amanah

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Sungguh, Allah Menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya. ( QS. An-Nisa (4) : 58)

9. Memberi Maaf

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, Allah Menyukai orang- orang yang berbuat baik. ( QS. Al-Maidah (5) : 13)

10. Kejujuran

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. ( QS. Al-Ahzab (33) : 70)

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar. ( QS. At-Taubah (9) : 119)

11. Istiqomah

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Maka tetaplah engkau (Muhammad) (di jalan yang benar), sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang bertaubat bersamamu. ( QS. Huud (11) : 112)

12. Syukur

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan Ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. ( QS. Al-Baqarah (2) : 152)

13. Lemah Lembut

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya (Firaun) dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut. (QS. Thaha (20) : 44)

14. Tawadhu

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu. ( QS. Asy-Syu'ara (26) : 215)

15. Menebar Kebaikan

[arabOpen] [arabClose] Artinya:Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat baik kepadamu. ( QS. Al-Qashas (28) : 77)

16. Berbakti kepada orang tua

[arabOpen] [arabClose] Artinya: Dan Tuhan-mu telah Memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua. (QS. Al-Isra (17) : 23)

Topik Menarik