Inggris Segera Luncurkan Terapi Casgevy untuk Penderita Thalasemia, Dibanderol hingga 33,4 Miliar

Inggris Segera Luncurkan Terapi Casgevy untuk Penderita Thalasemia, Dibanderol hingga 33,4 Miliar

Terkini | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 14:58
share

PERUSAHAAN Vertex Pharmaceuticals memberikan pernyaataan, bahwa layanan kesehatan nasional (NHS) di Inggris akan segera meluncurkan terapi gen casgevy dari Vartex dan CRISPR. Terapi ini berguna untuk mengobati pasien dengan penyakit sel sabit yang di kenal sebagai thalasemia beta.

Kerja sama antara Vartex dan NHS dimulai ketika NICE memberikan saran positif yang merekomendasikan penggunaan Casgevy," ujar Vertex.

Pada November 2023, regulator medis Inggris telah mengesahkan terapi pengeditan gen berbasis Casgevy CRISPR. Pengobatan penyakit sel sabit dan jenis lain dari kelainan darah bawaan untuk pasien berusia 12 tahun ke atas.

Obat ini diberikan dengan mengeluarkan sel induk dari sumsum tulang pasien dan mengedit gen dalam sel di laboratorium, dengan sel yang telah dimodifikasi. Kemudian sel induk tersebut dimasukkan kembali ke pasien setelah perawatan untuk menyiapkan sumsum tulang.

Sekitar 460 pasien di Inggris menderita beta thalassemia, untuk terapi gen CASGEVY harus berusia 12 tahun ke atas agar berpotensi memenuhi syarat perawatan, menggunakan teknologi pengeditan gen," ujar NHS dalam salah satu pernyataan

Namun terapi gen Casgevy, hanya dapat diproduksi melalui pusat perawatan resmi yang memiliki pengalaman khusus dalam transplantasi sel induk.

Terapi akan diproduksi di Inggris dan ditawarkan di tujuh pusat spesialis," tulis NHS.

Sekadar informasi, daftar harga terapi Casgevy di Inggris relatif cukup mahal. Harganya bisa mencapai 1,65 juta pound atau setara dengan Rp33,4 miliar.

"Perusahaan tidak dapat mengomentari harga yang dinegosiasikan," ujar juru bicara vartex.

Topik Menarik