5 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara, Bisa Diborong Usai Nonton Dieng Culture Festival 2024

5 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara, Bisa Diborong Usai Nonton Dieng Culture Festival 2024

Terkini | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 10:09
share

5OLEH-OLEH Khas Banjarnegara inibisa diborong usai nonton Dieng Culture Festival 2024. Dieng Culture Festival 2024 digelar mulai hari ini, Jumat (23/8/2024). Acara ini akan terpusat di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dieng Culture Festival merupakan pertunjukan yang memadukan keindahan alam, keunikan budaya, dan tradisi di Dataran Tinggi Dieng.

Bicara soal Banjarnegara, daerah ini menyimpan kekayaan kuliner menarik menggugah selera. Jika berwisata ke kawasan ini, jangan lupa untuk memborong oleh-oleh khas Banjarnegara untuk keluarga di rumah. Cocok banget lah pokoknya dibawa pulang usai menyaksikan Dieng Culture Festival 2024.

Mulai keripik salak hingga klethik dijamin bakal bikin lidahmu bergoyang dan selalu kepengin nagih. Berikut 7 oleh-oleh khas Banjarnegara yang bisa Anda borong, seperti Okezone kutip dari laman Horego Guide .

5 oleh-oleh khas Banjarnegara

1. Wajik Kletik
Kue legendaris ini terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan juga gula merah yang dimasak hingga berjam-jam. Proses pengolahannya yang cukup memakan waktu membuat kuliner satu ini awet dan tahan lama.

(Foto: Instagram/@nucifera.co.id)

Kenapa dinamakan kletik karena sensasi bunyi kletik-kletik seperti beras saat dikunyah. Wajik kletik memilii beragam rasa, di antaranya gula merah, pandan, jahe, dan juga kacang hijau. Camilan ini bisa dibeli di sentra oleh-oleh Dipayuda yang beralamat di Sidengen, Krajan, Pekauman, Kecamatan Madukara.

2. Keripik Salak
Sudah bukan rahasia umum jika orang Indonesia sangat suka camilan keripik. Nah, bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Banjarnegara, maka bisa mencoba camilan ini. Proses penggorengan keripik ini mengadopsi teknik khusus sehingga menghasilkan keripik yang krispi dan tidak berminyak.

Makanan ini juga awet tahan lama hingga 1 bulan. Anda bisa memborong kuline ini di sebelah selatan Alun-Alun Banjarnegara.

3. Carica
Buah dengan nama lain pepaya gunung ini tumbuh subur di kawasan dataran tinggi seperti Dieng. Sayangnya, buah ini tidak bisa dikonsumsi langsung karena mengandung banyak getah, dan rasanya getir agak asam.

Hal itulah yang membuat masyarakat mengolahnya jadi manisan carica atau berupa sirup yang kemudian membuatnya punya nilai jual. Setelah jadi manisan, buah ini terasa manis segar dan tentunya lebih awet. Manisan ini bisa didapatkan di sentra oleh-oleh khas Banjarnegara atau langsung ke rumah produksinya di Fatna Carica.

(Foto: Instagram/@caricagemilang)

4. Purwaceng
Ini merupakan minuman herbal yang terbuat dari tanaman perdu bernama Purwaceng. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Banjarnegara. Akar tumbuhan yang diolah menjadi bubuk dipercaya punya beragam khasiat untuk kesehatan.

Manfaat tersebut di antaranya meningkatkan stamina pria, melancarkan peredaran darah, dan mencegah kanker. Biasanya, serbuk ini dikonsumsi dengan cara dicampur susu atau kopi. Minuman ini banyak tersedia di berbagai toko herbal di Banjarnegara.

5. Klathak
Camilan ini sejenis kerupuk berbahan dasar ketela pohon. Namun proses pembuatannya berbeda dengan keripik singkong.

Untuk membuat klathak, singkong harus diparut dulu dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang dan cabai. Selanjutnya dibentuk bulat pipih dan digoreng. Oleh sebab itu, keripik ini bercita rasa pedas gurih dan bikin nagih.

Harga Klathak pun sangat terjangkau dan bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Banjarnegara, salah satunya Toko Oleh-Oleh Haji Surya.

Topik Menarik