Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Tinggi Letusan Abu Vulkanis Capai 1 Km

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Hari Ini, Tinggi Letusan Abu Vulkanis Capai 1 Km

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 07:54
share

JAKARTA, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi, Jumat (23/8/2024), pukul 06.00 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat gunung api aktif ini memuntahkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter atau 1 km di atas puncak.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dany Erlangga Yosa Putra mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 7.4 mm dan durasi 327 detik.

Terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki pada hari Jumat, 23 Agustus 2024, pukul 06:00 WITA dengan tinggi kolom abu teramati 1.000 meter di atas puncak ( 2.584 meter di atas permukaan laut), ujarnya, Jumat (23/8/2024).

Dia meminta masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung atau wisatawan tidak beraktivitas apa pun dalam radius 2 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 km pada sektor Timur Laut.

Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya, katanya.

Dany juga meminta masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang terdampak hujan abu G Lewotobi Laki-laki memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanis pada sistem pernapasan, ucapnya.

Topik Menarik