Ratusan Mahasiswa Tiga Daerah Akan Gerudug DPRD Kota Tegal

Ratusan Mahasiswa Tiga Daerah Akan Gerudug DPRD Kota Tegal

Terkini | tegal.inews.id | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 01:30
share

KOTA TEGAL. iNews.id - Ratusan mahasiswa dari Tiga Daerah (Tidar) Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kebupaten Brebes akan gerudug DPRD Kota Tegal, Jumat (23/8/2024).

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Wildan Amjady Setiarto usai konsolidasi menyampaikan, hasil konsolidasi malam ini Kamis (22/8/2024) sekira pukul 22.00 mahasiswa dari tiga daerah sepakat untuk menggelar aksi yang dilaksanakan di gedung DPRD Kota Tegal, Jumat (23/8/2024) mulai pukul 08.00 WIB.

Peserta aksi akan melakukan long march dari titik kumpul di Sentral Komando (Senko) Jalan Kolonel Sudiarto menuju Gedung DPRD Jalan Pemuda Kota Tegal.

Aksi diikuti sekira 500 peserta dari mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat. "Kita akan hadir dan menyampaikan, bahwasannya kita akan mengawal putusan MK," kata Wildan usai konsolidasi di salahatu Cafe di kawasan Jalan Gotot Subroto Kota Tegal, Kamis (22/8/2024) malam.

Wildan berharap para pemimpin daerah dan DPRD bisa menemui peserta aksi dan ikut menyerukan ke pusat bahwasannya dengan rezim sekarang sangat merugikan masyarakat. Karena itu harus ditindak tegas. "Kami juga menyerap aspirasi, kami juga ingin adanya kesepakatan dan perjanjian dengan para pemimpin yang ada di daerah," ujar Wildan.

Ketua Formatur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tegal, Abdurrahman Wahid mengaku sebelum konsolidasi ada kajian terkait hal ini. Termasuk ada instruksi dari PP HMI mengenai putusan MK yang akan dianulir oleh DPR RI. Jelas ini menandakan bahwa kemunduran demokrasi.

"Awalnya saya berharap angin segar adanya putusan MK yang semua orang bisa maju. Namun sangat disayangkan putusan MK yang sudah mengikat akan dianulir. Maka sikap kami HMI Cabang Tegal jelas akan turun aksi untuk mengawal putusan MK," tegas Abdurrahman.

Sementara Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Tegal, Ikbal Ramadhan mendesak agar KPU agar segera melaksanakan hasil putusan MK Nomor 60. "Jadi KPU nunggu apalagi, apakah harus menunggu dari DPR RI atau bagaiman. Ini sangat ambigo sekali," ucap Ikbal.

GMNI kata Ikbal akan melakukan aksi turun ke jalan dari tiga daerah Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes sekira 160 peserta. "Dalam aksi kami akan menemui terutama Ketua DPRD Kota Tegal," terang Ikbal.

Topik Menarik