Tradisi Rebutan Tumpeng Raksasa Desa Renteng Jadi Pembuka Lomba di HUT RI

Tradisi Rebutan Tumpeng Raksasa Desa Renteng Jadi Pembuka Lomba di HUT RI

Terkini | probolinggo.inews.id | Rabu, 21 Agustus 2024 - 18:10
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Renteng, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo membuka kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) tahun 2024 dengan tradisi rebutan tumpeng raksasa, Selasa (20/8/2024).

Tumpeng raksasa tersebut berisi aneka macam buah-buahan dan sayuran. Kesemuanya merupakan hasil bumi Desa Renteng. 

Kepala Desa Renteng Arpatun menjelaskan, kegiatan tumpeng raksasa ini digelar sebagai pembuka lomba peringatan HUT RI. Total ada 9 jenis lomba yang akan dilaksanak pemerintah desa, mulai dari lomba jasmani dan rohani.

"Untuk pembukaan ini ada lomba patrol sama drumband termasuk tumpeng raksasa," terangnya.

Ia berharap, kegiatan perayaan  HUT RI ini berjalan lancar serta dapat menjalin kekompakan antar masyarakat setempat. Dan membuat Desa Renteng lebih hidup, lebih baik lagi dan maju.

"Semoga kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya," katanya.

Sementara itu, Camat Gading Sinung mengatakan, Desa Renteng merupakan deaa yang berada di ujung selatan Kecamatan Gading. Meski begitu semangat juangnya luar biasa, kekompakan desa dan masyarakat tidak perlu diragukan.

"Semangatnya luar biasa untuk memeriahkan HUT diharapkan kegiatan ini dapat menghibur masyarakat," ucapnya.

Ia menambahkan selama kepemimpinan kades Arpatun, Desa Renteng mulai memperlihatkan kemajuannya, mulai infrastuktur yang perlahan mulai dibangun serta perekonomian masyarakat terlihat mulai lancar.
Topik Menarik