7 Momen Menarik Upacara HUT ke-79 RI, Cucu Bung Karno Bacakan Teks Proklamasi

7 Momen Menarik Upacara HUT ke-79 RI, Cucu Bung Karno Bacakan Teks Proklamasi

Terkini | inews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 04:32
share

JAKARTA, iNews.id - Upacara HUT ke-79 RI sukses digelar, Sabtu (17/8/2024). Sejumlah momen tersaji selama upacara 17 Agustus yang pertama kali digelar di IKN itu berlangsung.

Tema yang diusung yakni Nusantara Baru Indonesia Maju, menggambarkan momen pembuka bagi tiga transisi besar Indonesia yakni penyambutan ibu kota baru, pergantian pemimpin serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara. Dia menginspeksi upacara sejak acara dimulai hingga berakhir.

Berikut momen menarik upacara HUT RI di IKN sebagaimana iNews.id rangkum.

Momen Menarik Upacara HUT RI di IKN dan Jakarta

1. Upacara Digelar Hybrid di IKN dan Jakarta

Upacara HUT RI tahun ini digelar di IKN dan Jakarta secara hybrid. Tak hanya di halaman Istana Negara IKN, upacara juga dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta.

Sejumlah tamu undangan hadir di kedua lokasi. Mereka khidmat mengikuti upacara hingga selesai.

2. Presiden dan Wapres Terpilih Hadir

Jokowi menjadi inspektur upacara di IKN. Dia didampingi Prabowo Subianto.

Sementara Wapres Ma'ruf Amin hadir pada upacara yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta. Dia didampingi Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo dan Gibran masing-masing tampak duduk sejajar dengan Jokowi dan Ma'ruf Amin saat prosesi upacara berlangsung.

3. Busana Adat Jokowi dan Ma'ruf Amin

Jokowi dan Ma'ruf Amin mengenakan busana adat saat upacara HUT RI tahuni ini. Tradisi ini sudah dijalankan sejak 2017 lalu.

Kepala negara mengenakan baju adat Kustin dari Kaltim. Pakaian itu berwarna hitam dengan aksen emas yang menonjol.

Sementara itu, Ma'ruf Amin mengenakan busana adat Melayu Pontianak dari Kalimantan Barat (Kalbar). Dia menggunakan setelan Teluk Belanga warna kuning emas, dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut Tanjak.

4. 17 Dentuman Meriam dan Bunyi Sirene

Kolonel Inf Nur Wahyudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) 81 Kopassus bertindak sebagai komandan upacara. Dia melapor ke Jokowi sebagai inspektur upacara.

Menariknya, sebanyak 17 kali dentuman meriam yang diiringi bunyi sirene panjang terdengar di kawasan IKN usai komandan upacara melapor ke Jokowi. Prosesi itu sebagai penanda dimulainya peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

5. Cucu Bung Karno Bacakan Teks Proklamasi

Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks proklamasi dalam upacara HUT ke-79 RI. Cucu Bung Karno itu mengulang apa yang dilakukan kakeknya pada 17 Agustus 1945 lalu.

Pembacaan teks proklamasi itu dilakukan setelah 17 dentuman meriam dan sirene panjang dibunyikan.

6. Anggota Paskibraka Putri Pakai Jilbab

Belasan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) putri terlihat tetap mengenakan jilbab saat bertugas di upacara HUT ke-79 RI. Mereka berbaris dengan rapi untuk mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Sebelumnya hal ini sempat menjadi polemik saat pengukuhan Paskibraka Nasional 2024. Sejumlah pihak menyoroti anggota Paskibraka putri yang sebelumnya mengenakan jilbab tampak tak berjilbab saat pengukuhan.

7. Jan Ethes Pakai Baju Adat Papua

Gibran menghadiri upacara HUT RI secara hybrid di Istana Merdeka, Jakarta. Dia turut mengajak sang putra, Jan Ethes Srinarendra.

Keduanya kompak mengenakan busana adat Papua lengkap dengan asesoris rumbai di kepala. Mereka mengenakan busana berwarna cokelat lengkap dengan asesoris kalung gading.

Terlihat pula perpaduan kain cokelat motif bergaris yang turut menghiasi busana Gibran. Gibran dan Jan Ethes juga kompak mengenakan asesoris rumbai di kepala dan semakin memberikan budaya Papua yang kental. Hiasan kepala tersebut menyerupai mahkota dan umumnya terbuat dari bulu burung Kasuari.

Topik Menarik