Semarak HUT Ke-79 RI dari Daerah Perbatasan Gaungkan Persatuan dan Kesatuan

Semarak HUT Ke-79 RI dari Daerah Perbatasan Gaungkan Persatuan dan Kesatuan

Terkini | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 03:06
share

JAKARTA - Semarak kemerdekaan HUT ke-79 RI turut dirasakanwarga daerah perbatasan, Sabtu (17/8/2024). Salah satunyadi PLBN Motamasin, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara peringatan detik-detik proklamasi berjalan penuh haru dan semangat membara. Pelaksana harian (Plh) Sekretaris BNPP, Robert Simbolon memimpin jalannya upacara. Ia bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup).

Berbagai pejabat daerah, komunitas lokal, serta seluruh staf dan keluarga besar PLBN Motamasin ikut dalam upacara peringatan kemerdekaan yang dimulai pukul 08.00 WITA.

Upacara berjalan dengan penghormatan adat Malaka yang penuh khidmat. Hal ini menggambarkan rasa hormat dan kebanggaan terhadap budaya lokal.

Robert mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa. Ia pun menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

"Serta pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman," katanya lewat keterangan tertulis.

Kegiatan dilanjutkan degan penyerahan sertifikat kepada para perwakilan petugas upacara. Penyerahan sertifikat bentuk apresiasi atas dedikasi dan komitmennya memeriahkan HUT ke-79 RI.

Selain itu, dilakukan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 79 meter. Bendera raksasa dibentangkan di area PLBN Motamasin menjadi simbol kebanggaan dan semangat nasionalisme yang membara. Selain itu, menyatukan semua peserta dalam satu semangat kemerdekaan.

Perayaan kemerdekaan semakin semarak dengan antusias peserta yang berfoto mengabadikan momen bersejarah ini. Kemudian, juga dilakukan peninjauan ke Postu Integrado Fronteira Salele-RDTL sebagai bentuk dukungan terhadap operasional pos perbatasan.

Di Kawasan Wisma PLBN Motamasin juga digelar pangan murah Gelar Pangan Murah (GPM) yang menyediakan berbagai kebutuhan pangan dengan harga terjangkau. Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat, serta mempererat rasa kebersamaan dan kepedulian sosial.

Pertunjukan seni siswa-siswi PAUD, SD, dan SMP menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas anak-anak bangsa semakin menambah semarak hari kemerdekaan. Kemudian, ada juga lomba panjat pinang.

Robert Simbolon juga mengadakan kuis cerdas cermat berhadiah langsung untuk anak-anak di kawasan perbatasan. Selain menambah kegembiraan, kuis menguji pengetahuan anak-anak tentang sejarah dan budaya bangsa.

Pada puncak acara melakukan virtual zoom dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN. Lalu, diadakan Tos Kenegaraan dan potong tumpeng kemerdekaan yang menjadikan keterhubungan antara pusat dan daerah dalam merayakan kemerdekaan.

Robert Simbolon menutup kegiatan dengan penyerahan hadiah utama lomba panjat pinang. "Dengan segala rangkaian acara yang menyentuh hati, perayaan ini menunjukkan betapa dalamnya rasa cinta dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara, menjadikan momen ini benar-benar berkesan dan berarti," pungkasnya.

Topik Menarik