Desain Baru Paspor Indonesia Bernuansa Merah Putih, Ini Filosofinya

Desain Baru Paspor Indonesia Bernuansa Merah Putih, Ini Filosofinya

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:49
share

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meluncurkan desain baru paspor Indonesia, Sabtu (17/8/2024). Desain itu bernuansa merah putih.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan warna yang dipilih merupakan representasi bendera pusaka Indonesia. Menurutnya, warna itu senapas dengan semangat kemerdekaan RI.

"Filosofinya supaya senapas dengan kemerdekaan kita, pilihan warna merah putih maka kita launching hari ini," kata Yasonna di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Yasonna mengklaim desain baru paspor dilengkapi fitur keamanan sesuai standar The International Civil Aviation Organisation (ICAO).  Dia menegaskan paspor baru ini tidak mudah dipalsukan.

"Kekuatan sebuah paspor itu ditentukan dengan sekuriti fitur, tidak mudah dipalsukan. Ini sudah memenuhi standar," jelasnya.

Dia menyatakan desain baru itu akan didistribusikan pada 17 Agustus 2025. Sebab, stok paspor yang ada dinilai masih cukup memenuhi permohonan pengajuan paspor.

"Kita masih ada stok paspor dan persiapan. Be the first untuk mengambil paspor merah putih ini," ungkapnya.

Topik Menarik