Perangkat Desa Pabean Raih Juara Catur Cepat Nasional Kategori Putra Daerah

Perangkat Desa Pabean Raih Juara Catur Cepat Nasional Kategori Putra Daerah

Terkini | probolinggo.inews.id | Selasa, 13 Agustus 2024 - 17:10
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mahyudi seorang perangkat Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, sukses meraih juara pada even Catur Cepat G 10+3 Piala Andi Suryanto. Ia meraih juara 1 kategori putra daerah dan nomor 12 tingkat nasional.

Piala Andi Suryanto Cup tersebut digelar di gedung Sasana Krida pada 10 hingga 11 Agustus 2024. Dengan ratusan peserta dari berbagai daerah, di empat provinsi. Meliputi Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Papua.  

Saat dikonfirmasi pada Selasa (13/8/2024) Mahyudi mengaku senang dengan torehan prestasi yang diraihnya. Prestasi itu tidak luput dari doa dan dukungan pihak-pihak terkait, serta latihan rutin yang dilakukannya di GOR A Yani Kota Probolinggo serta latihan otodidak melalui youtube.

"Alhamdulillah bisa juara, ini berkat doa dan dukungan dari semua pihak, termasuk latihan rutin," kata pria kelahiran Probolinggo, 30 Maret 1978 tersebut.

Mahyudi menjelaskan, jika dirinya memang menyukai catur sejak berusia 9 tahun. Hobi itu terus ia asah hingga di usia 10 tahun, dirinya mampu meraih juara 2 dalam Porseni SD Tingkat Kabupaten Probolinggo. 

Tidak berhenti disitu, ia yang terus melatih kemampuannya kembali meraih juara di usia 12 tahun. Dan kali ini ia mampu menjadi juara 1 dalam Porseni SD se Kabupaten Probolinggo.

"Dan hari ini bisa menjadi juara 1 kategori putra daerah dan juara 12 tingkat nasional," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pabean Sulistiono mengapresiasi prestasi yang diraih perangkatnya itu. Dirinya sendiri tidak mengira memiliki perangkat desa yang pandai main catur bahkan bisa meraih juara.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan pemerintah desa, pihaknya tengah menyiapkan penghargaan. Penghargaan itu diberikan lantaran sudah mampu mengangkat nama Pabean di dunia percaturan.

"Beliau (Mahyudi, red) orangnya memang pemikir dan rajin, semoga Desa Pabean memiliki banyak atlet-atlet lainnya," ucapnya.

Mahyudi berharap masyarakat lainnya yang memiliki bakat untuk terus berlatih hingga nantinya dapat meraih juara seperti Mahyudi.

Topik Menarik