Airlangga Mundur dari Ketua Umum Golkar, Istana: Tak Ada Kaitannya dengan Presiden Jokowi

Airlangga Mundur dari Ketua Umum Golkar, Istana: Tak Ada Kaitannya dengan Presiden Jokowi

Terkini | inews | Senin, 12 Agustus 2024 - 07:34
share

JAKARTA, iNews.id - Istana angkat bicara Airlangga Hartarto mundur dari Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024) kemarin. Istana memastikan pengunduran diri tersebut tidak ada kaitannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan/hak pribadi beliau yang selanjutnya sepenuhnya menjadi urusan internal Partai Golkar. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Senin (12/8/2024).

Ari memastikan bahwa hingga saat ini Airlangga masih menjalankan tugasnya sebagai Menteri Bidang Koordinator Perekonomian. Airlangga juga hadir sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini.

"Sampai saat ini Bapak Airlangga Hartarto tetap menjalankan tugasnya membantu Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Perekonomian RI. Dari semalam sampai hari ini beliau mendampingi Bapak Presiden di Ibu Kota Nusantara," katanya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto telah resmi mengundurkan diri dari Ketua Umum Golkar. Langkah itu demi menjaga keutuhan Partai Golkar.

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Airlangga Hartarto dikutip dari video yang dikirimkan ke media, Minggu (11/8).

Topik Menarik